oleh

Lima Kecamatan di Sampang Kecipratan Program Jatim Puspa

KABARMADURA.ID, SAMPANG -Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim), kembali merealisasikan program bantuan pemberdayaan usaha perempuan (Puspa) tahun 2021. Terdapat sembilan desa di Kabupaten Sampang, memperoleh program dengan nama lain Jatim Puspa. Hal ini diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Perekonomian dan Teknologi Tepat Guna (TTG) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sampang Taufiq, Senin (3/5/2021).

Menurutnya, meski sudah terdata jelas desa  yang memperoleh program Jatim tersebut, hingga saat ini belum terealisasi. Salah satu indikasinya, masih pencocokan data keluarga penerima manfaat (KPM). Berdasarkan informasi, realisasi  Jatim Puspa pada bulan September mendatang. Program untuk pengembangan usaha tersebut, bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Pemprov Jatim.

Pihaknya menjelaskan, mengacu pada tahun 2020 kemarin program tersebut direalisasikan pada akhir tahun. Tetapi, untuk tahun 2021 ini dipastikan lebih awal dari tahun sebelumnya. Sebab, saat ini sudah proses penyesuaian data penerima. “Program ini ada ketika Gubernur Khofifah, sekarang sudah dua tahun berjalan. Untuk realisasinya, lebih awal dari yang tahun 2020,” ujarnya.

Dia menegaskan, dari sembilan desa penerima Jatim Puspa terdapat 229 KPM. Bahkan, jumlah KPM per desa tidak akan sama. Sebab, untuk ketentuan desa dan jumlah penerima bergantung Provinsi. Sedangkan untuk petugasnya, Pemprov Jatim langsung merekrut pendamping di masing-masing desa dengan jumlah mengacu pada penerima.

“Jika penerimanya di desa tersebut ada 30 orang, maka ada tiga pendamping. Penentuannya itu langsung provinsi, jadi kami hanya memfasilitasi saja. Termasuk pendamping dari Provinsi,” tegasnya.

Kendati demikian, per KPM akan menerima Rp2,5 juta dari program Jatim Puspa. Bantuan tersebut, diberikan dalam berbentuk barang. Sehingga, bantuannya tidak dipastikan utuh Rp2,5 juta. Sebab saat dibelanjakan oleh pemerintah desa (pemdes) dan pendamping masih dikenakan biaya pajak.

“Bantuannya Rp2,5 juta, tapi diberikan berupa barang sesuai kebutuhan. Dan barang itu kenakan pajak, jadi bantuan yang diterima bisa jadi Rp2,3 juta,” cetusnya. (mal/ito)

Desa dan Kecamatan Penerima Jatim Puspa tahun 2021

  • Kecamatan Torjun
  1. Desa Patarongan : 22 KPM
  2. Desa Bringim Nunggel : 20 KPM
  3. Desa Jeruk Porot : 26 KPM
  • Kecamatan Pengarengan
  1. Desa Apaan : 26 KPM
  2. Desa Ragung : 26 KPM
  • Kecamatan Sampang
  1. Desa Gunung Maddah : 25 KPM
  2. Desa Panggung : 31 KPM
  • Kecamatan Camplong
  1. Desa Dharma Camplong : 27 KPM
  • Kecamatan Robatal
  1. Desa Gunung Rancak : 27 KPM

Desa dan Kecamatan Penerima Jatim Puspa tahun 2020

  • Kecamatan Kedungdung
  1. Desa Gunung Eleh : 88 KPM
  2. Desa Rabasan : 86 KPM
  3. Desa Komis :
  4. Desa Banyukapah :
  • Kecamatan Sampang
  1. Desa Kemuning : 89 KPM
  2. Desa Taman sareh : 80 KPM

3  Desa Baruh : 86 KPM

  1. Desa Pangelen : 75 KPM

Komentar

News Feed