Lima ODP di Kabupaten Sampang Tunggu Hasil Swab Test

  • Whatsapp
(KM/SUBHAN) ISOLASI: Sebanyak lima ODP di Kabupaten Sampang menjalani rawat isolasi di BLK.

Kabarmadura.id/Sampang-Jumlah pasien yang diduga terinfeksi wabah Covid-19 di Kabupaten Sampang, mulai mengalami peningkatan. Hal itu dapat dilihat dari jumlah warga dengan status orang dalam pemantauan (ODP) yang sedang dirawat isolasi di balai latihan kerja (BLK) setempat. Hingga saat ini sudah ada sebanyak lima ODP yang sedang menjalani rawat isolasi dan menunggu hasil tes swab keluar.

Jika mengacu pada hasil rapid test, ada sebagian dari lima ODP yang menunjukkan reaktif Covid-19. Oleh karena itu, untuk menjaga keamanan yang bersangkutan dirawat isolasi dan dilakukan tes swab.

Bacaan Lainnya

Juru bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Sampang Djuwardi menerangkan, warga yang reaktif Covid-19 dari hasil rapid tes saat ini sedang dirawat isolasi di BLK Sampang. Meski demikian yang bersangkutan belum bisa dipastikan terconfimasi Covid-19 atau tidak, karena masih menunggu hasil tes swab.

“Pasien yang dirawat isolasi di BLK saat ini ada sebanyak lima ODP, karena mereka sedang proses tes swab. Karena hasil rapid testnya reaktif covid dan sebagian non reaktif, tapi ada gejalanya,” ucap Djuawardi saat dihubungi Kabar Madura, Selasa (4/5/2020).

Saat ditanya soal identitas dan alamat dari lima ODP yang dirawat isolasi di BLK tersebut, Djuwardi enggan membeberkan, karena hal tersebut merupakan kewenangan dari tim medis dari RSUD setempat. Pihaknya juga menerangkan pasien yang sedang proses tes swab itu tidak dipungut biaya. Pihaknya berharap masyarakat tetap tenang dan tidak panik.

“Kalau terkait soal indentitas pasiennya, langsung ke tim medisnya saja,” arahannya.

Sementara itu, Ketua Tim Medis RSUD Sampang Agus Mulyadi menagaskan, lima ODP tersebut sudah dilakukan swab. Hal itu sesuai protap dan SOP pencegahan penanganan wabah Covid-19, yakni jika keluar dari RS harus swab, jadi saat ini hanya tinggal menunggu hasilnya keluar. Sayang, pihaknya tidak bisa memberi keterangan terkait kapan hasil swab keluar dan identitas lima pasien ODP tersebut.

Lanjut dia, manakala nanti hasil swab menunjukkan reaktif atau positif, maka yang bersangkutan dinyatakan terconfimasi Covid-19. Tetapi jika melihat dari hasil rapid test para pasien itu, rata-rata non reaktif, hanya saja ada gejala, seperti suhu tubuh diatas rata-rata, flu dan semacamnya, tetapi untuk antisipasi mereka tetap dirawat isolasi di BLK hingga hasil swab keluar.

“Jadi saat ini kami hanya menunggu hasilnya keluar,” singkatnya. (sub/pin)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *