oleh

Lima Orang Peserta Pelatihan Tenun Ikat Dianggarkan 40 juta

Kabarmadura.id/Pamekasan– Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Pamekasan menganggarkan Rp40 juta untuk lima orang peserta pelatihan tenun ikat. Kelima orang tersebut akan diberangkatkan ke Kabupaten Kediri, untuk mendapatkan bekal. Sehingga setelah selesai mengikuti pelatihan mampu menularkan kepada masyarakat.

Pelaksana Tugas (Plt) kepala Disnakertrans Pamekasan Supriyanto, mengatakan pelatihan tenun ikat tersebut dikerjasamakan dengan  komunitas batik Pamekasan yang menyediakan alat untuk lima orang peserta setelah selesai pelatihan tenun ikat di Kabupaten Kediri.

“Jadi alat tenunnya harganya 7 juta kalau beli, jadi selesai dilatih alatnya sudah disediakan oleh komunitas batik nanti,”ungkapnya. Kamis (27/8/2020).

Untuk dananya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020. Sesuai peruntukannya dana tersebut dimanfaatkan untuk biaya tempat tinggal dan biaya pelatihan. “Jadi nanti ada biaya alatnya, ada biaya instruktur, terus kos kosan mereka, makan mereka,”jelasnya.

Dia juga menyampaikan dengan skil yang dimiliki peserta pelatihan tenun ikat tersebut bisa dikombinasikan dengan batik Madura. Sehingga batik Madura bisa semakin bersaing di pasaran.

“Tenun ikat itu sudah ada pola-polanya, sehingga nanti ditempatkan yang kosong itu nanti akan di kolaborasi dengan batik Pamekasan sehingga bisa menambah keindahan kainya itu,”urainya.

Sementara itu, Anggota DPRD Pamekasan Khairul Umam menyampaikan, pelatihan keterampilan yang diberikan kepada masyarakat dalam rangka suksesi Wirausaha Baru (WUB) dengan  memberikan jalan kesejahteraan.  Namun selesai pelatihan harus dilakukan pendampingan, agar tidak sekedar pelatihan belaka.

“Harus ada kontribusi, karena sudah menggunakan APBD. Ada outcome yang harus dipenuhi yaitu bahwa produk dari pelatihan itu harus mampu berkontribusi secara maksimal untuk program pemerintah daerah yang  muaranya adalah suksesi kesejahteraan publik,” tukasnya. (rul/ito)

 

Komentar

News Feed