oleh

Lima Program Prioritas Bupati Sampang “Mengekor” Provinsi

SEKRETARIS BAPPELITBANGDA Sampang: Umi Hanik Laila

Kabarmadura.id/SAMPANG–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang harus manut pada pemerintah provinsi dan pusat dalam penyusunan APBD tahun anggaran 2019. Sebab, Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2018 mewajibkan, semua program prioritas APBD merupakan program turunan dari pemerintah pusat.

Alhasil ada lima program prioritas Pemkab Sampang yang secara khusus membututi program pemerintah provinsi. Kelima program itu antara lain, peningkatan kualitas pendidikan, kesehatan, kependudukan, prasarana dasar masyarakat dan penanggulangan kemiskinan.

Kemudian yang kedua, peningkatan da pemerataan infrasruktur daerah, dan yang ketiga, peningkatan pertumbuhan ekonomi melalui pembangunan UMK, periwisata dan agropolitan.

Keempat, peningkatan kualitas lingkungan hidup dan penanggulangan bencana. Sedangkan yang terakhir, peningkatan pelayanan punlik melalui tata kelola pemerintahan yang baik dan jaminan ketentraman serta ketertiban masyarakat

Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Sampang Umi Hanik Laila mengatakan, dalam penyusunan APBD 2019, Pemkab Sampang diharuskan menyelaraskan dengan program prioritas pemerintah provinsi dan pusat.

“Jadi lima program prioritas yang dimiliki oleh pemerintah provinsi dan pusat yang diadopsi oleh Pemkab Sampang,” tambahnya.

 

Kelima program prioritas tersebut, saat ini sedang menjadi pedoman di tingkat OPD yang tercantum dalam Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Kabupaten Sampang 2019.

“Saat ini penyusunan APBD 2019 itu terus menjadi acuan dalam menentukan kebijakan Pemerintah Kabupaten Sampang yang akan datang,” ujarnya.

Dasar sinkronisasi dari pemerintah pusat, daerah dan kabupaten tersebut, jelasnya, untuk mempermudah program pembangunan di setiap daerah. Namun, tegasnya, setiap daerah mempunyai perlakukan berbeda dalam program yang siap direalisasikan pada masyarakat.

“Setiap daerah jelas berbeda dalam setiap keperluannya, termasuk Kabupaten Sampang,” tandasnya. (awe/waw)

Komentar

News Feed