Lolos Seleksi Unair, Pemkab Pamekasan Biayai Empat Mahasiswa Kedokteran Sampai Lulus

  • Whatsapp
(FOTO: KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) AKHMAD ZAINI: Kepala Disdikbud Pamekasan

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan menargetkan 20 beasiswa kedokteran pada tahun ini, namun hanya ada 16 pendaftar yang bisa mengikuti tes. Dari jumlah tersebut, hanya ada 4 orang yang dinyatakan lolos oleh Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

Keempatnya dinyatakan layak menerima beasiswa dari Pemkab Pamekasan itu. Untuk membiayai pendidikan mereka hingga lulus, dianggarkan sebesar Rp600 juta.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pamekasan Akhmad Zaini mengungkapkan, proses seleksi terhadap 16 calon mahasiswa itu ditangani langsung oleh Unair. Zaini memastikan tidak ada intervensi apapun dari pemkab untuk menopang lolosnya mereka.

“Pemberian beasiswa dalam rangka memenuhi pelayanan kesehatan di masyarakat, targetnya ada warga yang berasal dari Pamekasan yang menjadi dokter, satu kecamatan satu dokter, bahkan bisa satu desa satu dokter,” paparnya, Kamis (15/7/2021).

Namun pemkab menentukan kualifikasi untuk bisa mendapatkan beasiswa itu, yakni yang hafal 25 juz Al Qur’an dan warga yang berprestasi. Setelah dinyatakan lulus dan menyandang gelar dokter, wajib mengabdikan diri di Pamekasan dan dikontrak selama 11 tahun bekerja di rumah sakit milik Pemkab Pamekasan.

Empat calon mahasiswa kedokteran itu, antara lain, satu orang berasal dari Kecamatan Proppo, dua orang berasal dari Kecamatan Tlanakan dan satu orang berasal dari Kecamatan Tlanakan. Namun untuk biaya hidup selama kuliah, sedang diupayakan untuk bisa dicover oleh Pemkab Pamekasan.

“Tapi sekarang yang pasti adalah biaya studinya, satu semester per orang Rp15 juta, karena memang ditentukan oleh Unair, kalo 10 semester Rp600 juta,” tukasnya. (rul/waw)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *