Madura United Berharap Terjadi Drama Penyisihan Mirip Grup A PG Jatim

  • Whatsapp
(FOTO: KM/DOK HENDRA WCP) PELUANG KECIL: Kans lolos Madura United ke perempat final Piala Menpora 2021 tergantung Laga antara Persebaya Surabaya vs PS Sleman dan Persik Kediri vs Persela Lamongan.

KABARMADURA.ID – Penyisihan grup C Piala Menpora 2021 terbilang paling rumit. Hingga melalui laga ketiga, kecuali Madura United, baru satu tim yang dinyatakan lolos ke babak perempat final, yakni Persebaya. Tim  asal Surabaya ini  telah mengemas 7 poin.

Sementara empat tim lainnya, masih berpeluang merebut satu tiket tersisa, termasuk Madura United yang sudah bermain empat laga dan mengumpulkan empat poin

Bacaan Lainnya

Berbeda dengan tiga tim lainnya, Persik Kediri, Persela Lamongan dan PS Sleman, yang baru bermain tiga laga. Sehingga kans lolos babak penyisihan masih ditentukan di laga keempat mereka. Laga pamungkas tersebut akan berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat Bandung, Rabu (7/4/2021).

Peta kans lolos Madura United di penyisihan grup ini terbilang rumit dan sangat tipis. Skemanya, tiga tim yang masih berpeluang lolos harus mengemas masing-masing 4 poin (lihat statistik).

Peluang Madura United akan terbuka, dengan catatan Persela Lamongan dan Persik Kediri bermain imbang, maksimal dengan skor 1-1 atau hanya 0-0. Atau empat tim yang masing-masing mengoleksi empat poin, akan menguntungkan Madura United.

Dengan head to head atau saling mengalahkan satu sama lain, regulasi di turnamen Piala Menpora 2021 menggunakan ukuran produktivitas gol. Peraturan itu tertuang dalam pasal 5 ayat 2 huruf f poin kedua; jumlah nilai yang lebih tinggi, selisih gol yang lebih baik, dan jumlah gol memasukkan paling banyak.

Skema tersebut yang akan memuluskan langkah Madura United lolos ke-8 besar dengan mengemas lima gol dan kebobolan 6 kali. Sebab, Persik dan PS Sleman masing-masing minus 1 gol, dengan jumlah memasukkan lebih rendah.

Hal itulah yang membuat tim berjuluk Laskar Sape Kerrab ini masih bertahan di Bandung.

Sebagaimana ungkapan Manajer Madura United Rahmad Darmawan, sejatinya masih Bandung juga lantaran menunggu vaksinasi tahap kedua yang rencananya akan dilakukan pada Kamis (8/4/2021), lalu meliburkan tim. Namun saat peluang kecil itu berpihak, akan fokus terhadap babak selanjutnya.

“Setelah vaksin nanti libur, kalau memang ada (lolos), kami lanjutkan,” ungkapnya kepada Kabar Madura, Selasa (6/4/2021).

Drama perebutan lolos babak penyisihan grup C itu serupa dengan grup A Piala Gubernur Jawa Timur (PG Jatim) 2020 lalu. Madura United yang diragukan lolos usai kalah 4-2 atas Persebaya Surabaya, tiba-tiba raih tiket semifinal. Karena Bhayangkara FC yang punya poin sama dengan Madura United, kalah atas Persik Kediri di laga terakhir dengan skor 3-0. Keunggulan selisi gol Madura United yang membuat melaju ke babak selanjutnya. (idy/waw)

Skema Peluang Madura United Lolos

  1. PS Sleman kalah atas Persebaya Surabaya yang membuat poinnya tetap empat dan selisi gol tergantung jumlah kekalahan
  2. Persela Lamongan maksimal bermain imbang 1-1 dengan Persik Kediri yang membuat keduanya punya empat poin
  3. Empat tim akan sama-sama punya empat poin. Alternatifnya, membuat klasemen kecil dengan memisah Persebaya Surabaya yang sudah pasti lolos.
  4. Dengan dipisahkannya Persebaya, Persela otomatis terpental lebih dulu karena poinnya saat kedua kesebelasan bermain imbang dihapus.
  5. Madura United, Persik Kediri, dan PS Sleman saling mengalahkan secara head to head.
  6. Ketiga kesebelasan sama-sama memiliki selisih gol minus 1 (kecuali PS Sleman yang tergantung jumlah kekalahan atas Persebaya Surabaya)
  7. Madura United paling produktif dengan enam gol, serta berhak lolos ke babak selanjutnya. Sebab, Persik dan PS Sleman mencetak di bawahnya.

 

Klasemen Sementara Grup C Piala Menpora 2021

Tim Main Memasukkan Kebobolan Gol Poin
Persebaya Surabaya 3 4 2 2 7
Madura United 4 5 6 -1 4
PS Sleman 3 2 2 0 4
Persela Lamongan 3 1 1 0 3
Persik Kediri 3 3 4 -1 3

 

Estimasi Klasemen Kecil saat Sesuai Skema Madura United Lolos

Tim Main Memasukkan Kebobolan Gol Poin
Madura United 4 5 6 -1 4
PS Sleman 4 2 3 -1 4
Persik Kediri 4 4 4 -1 4

 

Estimasi Hasil Laga

Persebaya Surabaya 1-0 PS Sleman

Persela Lamongan 0-0 Persik Kediri

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *