oleh

Madura United Sarankan Liga 1 U20 Diputar

Kabarmadura.id-Indonesia bakal menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 2021. Tak ayal, sejumlah persiapan mulai dilakukan, salah satunya dengan mempertimbangkan regulasi pemain usia 20 tahun ikut mentas di Kompetisi Liga 1 2020 yang bakal kembali dimulai Oktober depan.

Akan tetapi, rencana tersebut masih belum diputuskan oleh Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Hal tersebut tidak terlepas dari masih butuhnya pertimbangan dari Pelatih Tim Nasional Indonesia Shin Tae-yong.

Soal wacana regulasi tersebut, Madura United angkat bicara melalui Direktur Utama (Dirut) PT. Polana Bola Madura Bersatu (PT. PBMB) Zia Ulhaq. Menurutnya, PSSI sebaiknya memutar Liga 1 U20 2020 guna mempersiapkan Piala Dunia U20 2021.

Alasannya, PSSI bakal memiliki banyak opsi pemain baru yang bisa bermunculan dari kompetisi tersebut. Itu ketimbang sebatas mengendalikan pemain muda di kompetisi domestik tertinggi Indonesia atau pemain muda di Liga 2 dan 3 musim ini.

“Saya pikir lebih baik PSSI mempertimbangkan untuk memutar Liga 1 U20. Itu bisa menjadi langkah solutif untuk menemukan pemain-pemain matang yang belum terpantau sebelumnya. Sebab, Piala Dunia ajang bergengsi, harus benar-benar menurunkan pemain pilihan,” ujarnya kepada Kabar Madura, Rabu (1/7/2020) pagi.

Lebih lanjut, pria yang familiar disapa Habib itu menegaskan, kompetisi pra-profesional itu bisa menjadi ajang seleksi bagi tim profesional di Indonesia untuk menatap kompetisi musim depan.

Dia mencontohkan, Madura United yang menemukan sejumlah bibit unggulan dari jebolan Madura United U20 seperti Moch Kevy Syahertian yang sudah mentas di Liga 1 2019, Dhimas Bagus Pangestu, Mohammad Syafiir Ridoni, Fawaid Ansory, dan Yulianto.

“Kami sebenarnya bersyukur dengan adanya kompetisi U20. Ada pemain-pemain lokal kami yang terpantau dan punya peluang. Mereka akhirnya promosi, membuktikan seperti Kevy yang sudah bisa cetak gol juga,” lanjutnya.

Sedangkan fullback Madura United U20 Erik Gamis Sanjaya berharap, PSSI bisa mengaktifkan Liga 1 U20 musim ini. Sebab, dia menyebutkan, melalui kompetisi tersebut, bisa unjuk kebolehan.

“Iya harapannya memang seperti itu, ada kompetisi,” tandasnya. (idy/nam)

Komentar

News Feed