oleh

Mahasiswa Poltera Ciptakan Alat Bantu Produksi Ikan

Kabarmadura.id/SAMPANG-Kemajuan teknologi yang terus bergerak cepat menuju pola digitalisasi. Era yang dikenal dengan industri 4.0 ini, menjadi sarana menuju kemudahan dalam menjalani pekerjaan.

Salah satunya yang diciptakan mahasiswa Politeknik Negeri Madura ini, sebuah prototipe kapal untuk memudahkan pekerjaan pembudidaya ikan dan petambak garam.

Prototype tersebut dibuat berbentuk kapal air yang bisa digunakan untuk menebar kaporit  yang berfungsi mempertahankan kadar air. Pembudidaya ikan tidak perlu mengelilingi kolam untuk menebarnya.

Karena dengan menggunakan kapal itu, bisa dikendalikan dari jauh menggunakan smartphone dan jangkauan jaraknya mencapai lima puluh meter, bahkan lebih.

Yogi Saputra adalah nama mahasiwa yang membuat prototipe tersebut. Idenya berawal saat melihat pembudidaya udang yang mengelilingi kolam hanya untuk menebar kaporit. Kemudian muncul keinginan membuat suatu alat yang bisa membantu memudahkan pekerjaan itu.

“Hasilnya adalah kapal air ini dengan menggunakan HP sebagai controlnya,” tuturnya sambil menjalankan kapal airnya, Minggu (19/5).

Soal biaya pembuatan kapal, mahasiswa asal Lamongan tersebut mengungkapkan, hanya menghabiskan sekitar satu juta rupiah. Proses pembuatannya dibantu teman-temannya di satu jurusan di bawah bimbingan dosen bernama M. Sohibul Hajjah.

Sementara itu, M. Sohibul Hajjah selaku dosen pembimbing TA di kampus Poltera menjelaskan, temuan tersebut, dalam rangka penyelesaian tugas akhir (TA) mahasiswa. Sebab, Poltera embuat kebijakan, mahasiswa yang mengerjakan TA, diarahkan ke penelitian berbentuk produk (prototipe) yang bisa bermanfaat bagi masyarakat

Dosen jurusan Teknik Listrik Industri (TLI) Poltera tersebut menjelaskan, untuk memicu mahasiswanya agar lebih kreatif dan berani berkompetitif, setiap karya dari mahasiswa Poltera akan dipamerkan.

“Kapal ini bisa digunakan untuk menebar, kaporit, jadi nanti para petani tidak usah turun ke kolam menebar kaporit ke seluruh air,” jelasnya sambil melakukan uji coba menggunakan prototype kapal air buatan mahasiswanya. (km46/waw)

Komentar

News Feed