Mahasiswa Uniba Madura Asah Ilmu ke University of Nottingham

  • Bagikan
PROGRES: Dua mahsiswa UNIBA Madura akan berangkat ke University of Nottingham, Inggris dalam rangka memaparkan penelitian mereka.

Kabarmadura.id/SUMENEP-Dua mahasiswa Universitas Bahaudin Mudhary Madura (UNIBA Madura), resmi akan berangkat ke University of Nottingham, Inggris pada Rabu, (6/11/2019) mendatang.

Keduanya adalah Adji Nur Wahyudin dan Shantyumi Sasmita. Tujuannya, untuk mempresentasikan riset tingkat dunia di hadapan forum akademis dunia itu.

Direktur Akademik dan Kemahasiswaan UNIBA Madura Agung Purnomo mengatakan, Adji Nur Wahyudin dan Shantyumi Sasmita akan memaparkan penelitian mereka terkait pemetaan, status dan tren penelitian dunia menggunakan metode scientometric atau bibliometric.

Untuk Adji fokus pada bidang organizational culture dan Shantyumi mendalami topik student entrepreneur. Penelitian mereka melakukan data mining dari database Scopus.

“Adji menggunakan 3,394 dokumen data penelitian dari tahun 1969-Oktober 2019 seluruh dunia. Shantyumi memakai 132 dokumen data publikasi dari tahun 1978-Oktober 2019 semua bangsa,” katanya, Rabu (30/10).

Kemudian, menganalisis peneliti terbanyak, afiliasi lembaga akademik terproduktif, negara terbanyak, sumber, subject area, format publikasi, hubungan antar peneliti dan grup keyword.

“Penelitian Adji mengambil judul organizational culture research positioning: a scientometric overview. Dan, kajian Shantyumi menggunakan tajuk student entrepreneur: a 41-year publication mapping of bibliometric,” paparnya.

Agenda yang akan dilaksanakan pada 8 November 2019, tersebut merupakan kebanggaan tersendiri bagi kampus Uniba Madura. Utamanya, dua mahasiswa yang nantinya mempunyai pengalaman dan kemampuan yang mumpuni. Sehingga, bisa ditularkan pada mahasiswa lainnya.

“Semoga Uniba tetap sukses dalam menggali ilmu,” tuturnya.

Dia menambahkan, The University of Nottingham adalah universitas swasta berbasis riset di East Midland, Inggris, berdiri pada tahun 1881. University of Nottingham yang merupakan perguruan tinggi peringkat ke-96 dunia versi QS World University Rankings 2020.

Agung menambahkan, keberangkatan mahasiswa Uniba Madura ini merupakan implementasi dari impian Ketua Yayasan Qudsiyah Bahaudin Mudhary Dr. Achsanul Qosasi supaya pemuda-pemudi Madura bisa sejajar dan berprestasi dalam bidang pendidikan di tingkat nasional maupun internasional.

Baca juga  Daring, Sekolah di Bangkalan Bebas Memilih Terapkan Kurikulum

Pihaknya mendukung 100 persen keberangkatan mahasiswanya ke Inggris tersebut. Biaya pengurusan dokumen seperti paspor, visa, dan perjalanan domestik, didukung penuh oleh Uniba Madura.

Sedangkan untuk biaya perjalanan internasional dan akomodasi selama di UK didukung oleh pihak University of Nottingham.

Adji Nur Wahyudin mengaku siap dan sudah mempersiapkan peralatan yang akan dijadikan bekal nantinya ketika pemberangkatan “Saya sudah siap beberapa persiapan sudah dilakukan,” ujarnya.

Sementara itu, Shantyumi Sasmita mengutarakan, saat ini masih latihan persentasi, agenda terdekat masih mepersiapkan papernya untuk dijadikan materi. Meski demikian, dirinya sudah mengaku siap dan akan diusahakan.

“Beberapa persiapan sudah dilalui mas tinggal papernya saja,” pungkasnya. (imd/waw)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan