Makna Wujudkan Bangkalan Menuju Sejahtera di Harjad ke-490

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FA'IN NADOFATUL M.) KOMPAK: Forkopimda Bangkalan merayakan hari jadi Bangkalan ke-490 di halaman Pemkab Bangkalan, Senin (25/10/21).

KABARMADURA.ID | BANGKALAN-Hari Jadi Bangkalan yang jatuh tanggal 24 Oktober 2021, merupakan hari jadi yang ke-490 Kabupaten Bangkalan. Ikhtiar Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron dalam mewujudkan Bangkalan sejahtera terus dilakukan.

Dengan mengambil tema Bangkalan Menuju Sejahtera, dia ingin menjadikan momentum hari jadi tersebut sebagai semangat untuk memacu prestasi Kabupaten Bangkalan.

Dia menyampaikan, di tahun ke-490 ini, Bangkalan semakin sejahtera, agamis dan lebih banyak prestasinya. Sebab, perjuangan Bangkalan saat ini adalah menurunkan angka kasus Covid-19 dan menaikkan vaksinasi.

“Karena wabah ini belum selesai, dengan adanya hari jadi ini program-program dari pemerintah bisa terlaksana dengan baik dan sesuai aspirasi masyarakat,” ucapnya dalam upacara yang dilakukan di halaman Pemkab Bangkalan, Senin (25/10/2021).

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat telah mendukung program-program pemerintah dalam memerangi wabah Covid-19 dan melaksanakan kegiatan vaksinasi.

Adapun target untuk mewujudkan tema yang diambil tahun ini, pria dengan sapaan Ra Latif ini berujar, pembangunan, peningkatan sumber daya manusia (SDM), pendidikan dan kesehatan menjadi prioritasnya.

“Peningkatan ekonomi kami akan memberikan pelatihan serius pada masyarakat yang tentunya membutuhkan itu dan dapat meningkatkan kewirausahaan,” jelas dia.

Selain itu, mantan wakil ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangkalan tersebut mengungkapkan, penanganan kesehatan akan menjadi fokusnya. Hal tersebut merupakan antisipasi lonjakan wabah Covid-19.

Penanganan yang akan dilakukannya, yakni dengan membuat program di Dinas Kesehatan (Dinkes) Bangkalan dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Syamrabu Bangkalan.

“Sehingga pelayanan kesehatan di Bangkalan semakin membaik dan masyarakat percaya bahwa rumah sakit dan puskesmas lagi. Maka tidak ada yang percaya bahwa berobat akan dicovidkan,” papar Ra Latif meyakinkan masyarakat.

Pada Hari Jadi Bangkalan ke-490 ini, imbuh Ra Latif, kinerja dan capaian telah banyak dilakukan.  Hal tersebut terlihat dari capaian kinerja adalah dengan mengukur capaian indikator visi-misi.

Berdasarkan hasil evaluasi kinerja perangkat daerah tahun 2021 persentase ketercapaian visi-misi Bangkalan di bawah kepemimpinan Bupati R Abdul Latif Amin Imron pada tahun ketiga adalah 69,58 persen.

“Insyaallah sisa dua tahun mendatang sampai akhir tahun kepemimpinan saya dan Pak Wabup (Wakil Bupati Bangkalan Mohni), angka 100 persen akan kami raih sebagai persembahan bagi masyarakat Bangkalan,” kata Bupati Ra Latif yang bertindak sebagai pemimpin upacara.

Selain capaian visi-misi, tolak ukur lainnya dalam menilai capaian kinerja adalah penilaian penatausahaan keuangan oleh BPK RI. Selama tiga tahun berturut-turut, Pemkab Bangkalan mampu menyajikan laporan keuangan kepada BPK RI dengan predikat tertinggi, yaitu Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Selama Ra Latif memimpin, beberapa prestasi dan penghargaan juga berhasil diraih. Di antaranya penghargaan atas penyelesaian desa tertinggal tercepat se-Jawa Timur Tahun 2021, penghargaan predikat pratama Kabupaten Layak Anak tahun 2021, penghargaan inseminasi buatan dalam bidang peternakan, penghargaan Inovasi Pertanian melalui Taring Bang Jani dan beberapa penghargaan prestasi bidang olah raga, serta prestasi di bidang lainnya.

“Bila kita cermati, semua torehan prestasi yang kita raih adalah bidang-bidang yang muaranya mengarah pada sektor peningkatan kesejahteraan masyarakat. Hal ini sesuai dengan tagline kepemimpinan kami, yaitu Bangkalan Sejahtera serta tema peringatan hari jadi Kabupaten Bangkalan ke-490 tahun 2021 yaitu Menuju Bangkalan Sejahtera,” ulas Ra Latif.

Untuk itu, pada momentum hari jadi Bangkalan, hal terpenting yang perlu diberikan, sambung Bupati Ra Latif, adalah kado terindah berupa berjuang bersama, samakan tekad dan semangat.

“Mari berbagi tugas sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing. Lakukan yang terbaik demi masyarakat Bangkalan sejahtera.  Jangan kotori niat baik kita dengan agenda-agenda tersembunyi untuk kepentingan pribadi, kepentingan kelompok dan golongan yang justru akan merugikan kita dan seluruh masyarakat Bangkalan,” pungkas Ra Latif.

Reporter: Fain Nadofatul M

Redaktur: Wawan A. Husna

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *