Maksimalkan Anggaran Rujak Corek, Kades Apresiasi Kinerja Bupati Pamekasan

  • Whatsapp
UNTUK RAKYAT: Pemkab Pamekasan memaksimalkan anggaran pembangunan infrastruktur secara efisien.

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN – Kepemimpinan Bupati Pamekasan H Baddrut Tamam telah memasuki tahun ketiga. Sejumlah program prioritas sudah berjalan. Salah satunya pembangunan infrastruktur.

Infrastruktur di Pamekasan setiap tahun ditingkatkan. Salah satu program di sektor ini yaitu infrastruktur jalan dan jembatan (Rujak Corek). Program ini berupa peningkatan jalan, peningkatan jembatan, pemeliharaan rutin jalan, pemeliharaan rutin jembatan, pemeliharaan berkala jalan, dan pemeliharaan berkala jembatan.

Bacaan Lainnya

Program peningkatan jalan pada tahun 2019 terealisasi sepanjang 12.770 meter. Pada tahun 2020, sepanjang 44.145 meter. Pada tahun ini, 39.320 meter sedang dalam pengerjaan. Sementara program peningkatan jembatan pada tahun 2019 terealisasi sepanjang 271 meter. Pada tahun 2020, sepanjang 172 meter. Pada tahun ini, sepanjang 220 meter sedang dikerjakan.

Program pemeliharaan rutin jalan, pada tahun 2019 terealisasi 4.347 meter. Pada tahun 2020 terealisasi 6.454 meter. Pada tahun ini dalam proses pengerjaan sepanjang 11.300 meter. Sementara program pemeliharaan rutin jembatan pada tahun 2019 terealisasi 90 meter. Pada tahun 2020 52 meter. Pada tahun ini sedang dalam pengerjaan 38 meter.

Program pemeliharaan berkala jalan pada tahun 2019 terealisasi 18.282 meter. Pada tahun 2020 sepanjang 72.698 meter. Pada tahun ini sedang dikerjakan 16.950 meter jalan. Untuk program pemeliharaan berkala jembatan pada tahun 2019 terealisasi 138 meter. Pada tahun 2020 24 meter. Pada tahun ini sedang dalam pengerjaan 145 meter.

“Jadi kami memanfaatkan anggaran yang sudah ada itu semaksimal mungkin untuk kegiatan yang sudah direncanakan,” ucap Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pamekasan, Cahya Wibawa.

Menurut Cahya, prioritas pembangunan tahun ini yaitu Jalan Pegantenan Bujur Barat. Pembangunan tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pamekasan dan sebagian dari dana alokasi khusus (DAK). Saat ini, sedang dalam tahap pengadaan. Penandatanganan kontrak akan dilakukan dalam minggu ini.

“Bulan Desember, kami target selesai pengerjaannya,” tutur Cahya.

Sementara itu, Kepala Desa Bungbaruh, Kecamatan Kadur, A. Fauzi M mengapresiasi kinerja pemkab. Jalan di desanya kini sudah dibangun. Pihaknya bersyukur, karena dua tahun sebelumnya mengajukan alih status jalan desa menjadi jalan poros kabupaten terwujud. Menurutnya, infrastruktur sangat penting untuk kemajuan ekonomi desa.

“Infrastruktur yang bagus akan membantu menyukseskan pelaksanaan program desa tematik,” ucap Fauzi. 

Reporter: Ali Wafa

Redaktur: Hairul Anam

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *