Maksimalkan Kinerja, Desa Lobuk Terapkan Layanan Berbasis Online

  • Whatsapp
(FOTO: KM/IST) Kepala Desa Lobuk, Mohammad Saleh

KABARMADURA.ID, SUMENEP-Guna memaksimalkan dan menerima pelayanan 24 jam kepada masyarakat, Pemerintah Desa (Pemdes) Lobuk, Kecamatan Bluto, Sumenep, berinovasi menyajikan pelayanan online versi android.

Kepala Desa Lobuk Mohammad Saleh menyampaikan, sebagai langkah terobosan dan mengikuti perkembangan zaman, pihaknya akan memberikan pelayanan prima untuk kepuasan masyarakat. Jumlah penduduk lebih dari tiga ribu jiwa itu juga menjadi latar belakang adanya aplikasi layanan.

Bacaan Lainnya

“Awalnya berangkat dari pemahaman bahwa pelayanan terhadap masyarakat di desa berlangsung selama 24 jam. Sehingga dengan jumlah penduduk yang cukup padat, bisa terlayani kapan saja,” kata kepala desa yang terkenal dermawan itu. (2/2/2021).

Sosok visioner itu kemudian berkoordinasi dengan pihak berkompeten di bidang programmer dan aplikasi. Maka lahirlah basis pelayanan data Desa Lobuk yang berbasis Android. Layanan online itu diberi nama Basis Layanan Data (BALADA)

Sebagai langkah awal, agar masyarakat bisa mengoperasikan aplikasi tersebut, pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada perangkat desa dan perwakilan dari semua unsur di Desa Lobuk. Misalnya, teknis penggunaan layanan online dan mendapatkan cukup mudah, tinggal masuk dengan akun yang dimiliki dan mendownload aplikasi di Playstore.

“Langkah-langkah lain, bisa dipelajari dan ditanyakan ke aparat desa. Ini sebagai bentuk akomodir dari semua kebutuhan masyarakat bagaimana menggunakan pelayanan secara online,” imbuhnya.

Kepala desa kreatif itu mengatakan, di kabupaten paling timur Pulau Madura, layanan berbasis online baru dijumpai di desanya. Bahkan dalam waktu dekat pihaknya akan segera meluncurkan secara resmi. Jadi tidak ada alasan lagi, masyarakat mengeluhkan kurang maksimalnya pelayanan.

“Tanggapan masyarakat tentu bersyukur dan antusias sekali terutama kaum milenial yang sudah tidak asing dengan aplikasi digital. Pemkab sangat apresiatif dan sangat mendukung inovasi kami dalam hal pelayanan secara online berbasis Android ini,” pungkasnya. (ara/mam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *