oleh

Malam 1 Muharram 1442 H, Ponpes Nurus Syadzily Rayakan dengan Istighasah Akbar

Kabarmadura.id/Bangkalan – Peringatan tahun baru Islam 1 Muharram 1442 H di Pondok Pesantren (Ponpes) Nurus Syadzily, Dusun Angsanah, Desa Galis, Kecamatan Galis, Kabupaten Bangkalan diisi dengan pembacaan istighasah bersama, Rabu malam (19/08/20).

Acara yang digelar di halaman Ponpes Nurul Syadzily tersebut diikuti oleh santri dan santriwati, masyarakat Galis dan sekitarnya.

Pengasuh Ponpes Nurul Syadzily KH. Jailani Mashuri dalam sambutannya menyampaikan sunnah-sunnah yang dianjurkan di bulan muharram.

“Dianjurkan berpuasa di tanggal 9 hari tasu’ah dan tanggal 10 hari asyura bulan Muharram. Di hari asyura ini, kita tidak hanya dianjurkan berpuasa saja. Tapi, disunnahkan untuk perbanyak bersedekah, memperbanyak bahagiakan keluarga atau memberi santunan untuk anak yatim,” jelasnya.

Ba Nani, sapaan akrabnya, berharap dengan adanya istighasah ini agar mendapatkan ampunan di tahun sebelumnya. Di samping itu, memperoleh perlindungan dan keselamatan di tahun yang baru.

“Dengan adanya acara istighasah malam ini, kita berdoa semoga kebaikan-kebaikan di tahun 1441 H oleh Allah SWT diterima dan mendapatkan pahala yang besar dan barokah. Apabila ada kesalahan dan kekhilafan, semoga diampuni,” ujar Ba Nani.

Di tahun baru 1442 H, tambahnya, semoga mendapatkan perlindungan dan keselamatan dari segala musibah, malapetaka, dan tentunya dari penyakit yang menular yaitu Covid-19.

Di balik suksesnya acara itu, Remaja Angsanah (Reangs) juga ikut andil atas terlaksananya acara peringatan 1 Muharram 1442 H yang digelar di Ponpes Nurus Syadzily tersebut.

Reangs merupakan perkumpulan remaja dusun Angsanah yang berdiri sejak tahun 2019. Mereka aktif setiap kegiatan yang ada di dusun Angsanah.

Ketua Reangs Agus Hayanto menjelaskan, acara tersebut digelar rutin setiap tahunnya.

“Setiap tahun kami memang rutin menggelar acara peringatan tahun baru Islam 1 Muharram,” ujarnya.

Lebih lanjut Agus mengatakan, ada beberapa lomba pada siang harinya.

“Tidak hanya pembacaan istighasah saja, kami juga menggelar lomba-lomba di siang hari. Juga ada undian berhadiah usai pembacaan istighasah selesai,” pungkasnya. (03km/nam)

Komentar

News Feed