Malang Melintang di Dunia Kepemiluan, Rahbini Masih Simpan Cita-Cita Jadi Profesor

Pemilu9 Dilihat

KABARMADURA.ID | Rahbini dibesarkan dari pasangan orang tua petani. (H. Marzuki dan Mariyam). Namun  kegigihannya membuat jenjang pendidikan formal hingga strata 3 mampu dituntaskan. Awalnya getol memperdalam ilmunya karena bercita-cita menjadi profesor. Kini dia ditakdirkan jadi penyelenggara pemilu di Sumenep.

IMAM MAHDI, SUMENEP

Pria Kelahiran Sumenep 18 Mei 1980 ini masih terlihat sederhana hingga saat ini. Namun sosok asal Desa Banjar Timur, Gapura, Sumenep, tersebut sedang duduk sebagai ketua KPU Sumenep.

“Saya tiba-tiba berfikir bahwa yang direncanakan berbeda dengan takdir yang Tuhan berikan, awalnya cita-cita menjadi dosen ataupun profesor,” kata mantan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) ini, Kamis (5/1/2023).

Dia mendapatkan keputusan penunjukkan sebagai ketua KPU Sumenep pada 20 Desember 2022 lalu. Rahbini akan memimpin KPU Sumenep mulai  2022 hingga tahun 2024. Dia berjanji akan menjaga amanah dengan baik pada masa jabatannya. Apalagi saat ini sudah mendekati pemilu serta pemilihahan kepala daerah (pilkada).

Baca Juga :  Jelang Pilkades, Deteksi 20 Persen Wilayah di Bangkalan Rawan Konflik

Menjalani karir di bidang kepemiluan sudah digelutinya sejak 2009, usai menyelesaikan S2 di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Diawali sebagai panitia penyelenggara pemilu (PPK) di Kecamatan Gapura pada tahun 2008-2009 dan pemilihan bupati dan wakil bupati Sumenep pada 2010.

Saat menjadi PPK, dia juga mengajar di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Karimiyah Gapura Sumenep mulai 2008 sampai 2014. Di sela kesibukannya, tepatnya tahun 2010, Rahbini melanjutkan studi doktoral di Prodi Kependidikan Islam UIN Sunan Kalijaga.

Karir sebagai PPK kembali dijalani di Gapura untuk Pemilu 2014. Setelah  dua kali menjadi PPK, pada 2014 mengikuti seleksi calon anggota KPU Sumenep. Rahbini diterima dengan masuk dalam lima besar calon. Akhirnya resmi dilantik sebagai komisioner KPU Sumenep periode 2014-2019.

Lantaran menjadi komisioner KPU, dia kemudian mundur dari profesinya sebagai dosen di STAI Al-Karimiyah. Karena komisioner KPU tidak boleh aktif di organisasi berbadan hukum.

Baca Juga :  Pembatasan Jumlah Pemilih di TPS Ditentang Bawaslu Pamekasan

“Berbagai pengalaman tentang kepemiluan sudah dijalani semua, jadi cukup luar biasa pengalaman karir di kepemiluan, karena lika-lukanya bermacam-macam,” ucap dia.

Setelah satu periode menjadi komisioner, Rahbini kembali terpilih dalam seleksi calon komisioner KPU Sumenep periode 2019-2024. Di periode kedua tersebut, dia terpilih sebagai ketua KPU Sumenep setelah, ketua sebelumnya, A.Warits, terpilih sebagai anggota Bawaslu Jawa Timur (Jatim) sekaligus menjabat ketua Bawaslu Jatim.

Masa kecil Rahbini dihabiskan di Kecamatan Gapura. Mengenyam pendidikan dari Madrasah Ibtidaiyah (MI) hingga Madarsah Tsanawiyah (MTs) Al- In`am di Dusun Buabu, Desa Banjar Timur, Kecamatan Gapura.

Setelah itu mondok di Pesantren Annuqayah daerah Lubangsa selama 3 tahun, 1997-2000, sambil lalu melanjutkan pendidikannya di Madrasah Aliyah (MA) 1 Annuqayah Guluk-guluk Sumenep.

Kemudian dia melanjutkan pendidikan jenjang perguruan tinggi di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Kalijaga yang kini menjadi UIN Sunan Kalijaga, mengambil jurusan ahwal syakhshiyah dan lulus tahun 2004.

Baca Juga :  1.593 Calon PPS di Pamekasan Ikuti Tes Wawancara

“Pasca aktif di kepemiluan, karena saya sudah dua periode, maka nanti jika berakhir bisa menjadi dosen lagi, atau tergantung nantilah,” pungkasnya.

PENDIDIKAN

MI Desa Banjar Timur, Gapura

MTs Al- In`am Desa Banjar Timur, Gapura

MA 1 Annuqayah Guluk-guluk Sumenep

S1 IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

S2 Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

S3 Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga

PENGALAMAN ORGANISASI

PMII tingkat rayon – 2000-2024

Forum Silaturrahim Keluarga Mahasiswa Madura Yogyakarta (FSKMMY) – 2001-2002

wakil sekretaris PC GP Ansor Sumenep –  2013-2016

Sekretaris PC Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Sumenep – 2013

KARIR KEPEMILUAN

PPK Kecamatan Gapura 2008-2010

PPK Kecamatan Gapura 2013-2014

Komisioner KPU Sumenep 2014-2019

Ketua KPU Sumenep 2022-2024

Redaktur: Wawan A. Husna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *