oleh

MAN Sumenep Jadi Sekolah Unggulan

KABARMADURA.ID, SUMENEP -Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sumenep memiliki keunggulan daripada sekolah lainnya. Selain berkualitas, sekolah yang setara dengan Sekolah Menengah Atas (SMA) itu memiliki berbagai program unggulan, seperti program keagaman (PK), MAN plus, asrama dan riset.

Kepala MAN Sumenep Hairuddin mengatakan, MAN Sumenep memiliki PK, yakni  siswa wajib berasrama tanpa biaya pendidikan, termasuk asrama selama 3 tahun digratiskan yang saat ini mulai diterapkan selama 24 jam, plus ada tambahan program menghafal Alquran, membaca kitab dan menguasai Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.

PK adalah program yang didesain untuk mengkader lulusan yang memiliki minat di bidang agama, dakwah, pengembangan spiritual. Selain itu, program ini juga diharapkan bisa berperan dalam mengintegrasikan antara ilmu pengetahuan dan akhlak.Hal itu dilakukan untuk mencetak siswa dan siswi muslim yang cendekiawan,” ujarnya.

Selain itu,  MAN Sumenep menjadi MAN Plus. Menurutnya, MAN yang setara dengan SMA tetapi dibekali dengan operator komputer, desain grafis, multimedia, videografi, fotografi, tata busana, tata boga, dan tata rias.

“Hal itu berdasarkan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis),”katanya, Senin (15/2/2021).

Ditambahkannya, MAN Sumenep memiliki riset, dan memiliki asrama. Serta senantiasa mengacu pada visi dan misinya, yakni beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, berakhlakul karimah, berprestasi, berkreasi, dan berbudaya lingkungan.

“Ada sebanyak 1.255 siswa, 36 rombongan belajar (rombel), di MAN Sumenep setiap rombel maksimal isi 36 siswa. Ada sebanyak 200 siswa lebih yang berasrama,” ucapnya.

Di MAN Sumenep, lanjut dia, juga diisi dengan kegiatan keagamaan, yakni siswa diawali dengan salat duha, khotmil Quran dan istighosah serta menghafalkan Alquran pada pagi hari jam 06.30. Selain itu, diarahkan ke masjid dan waktu pulang jam 12.00 WIB melaksanakan salat Zuhur berjamaah, khusus hari Jumat pelaksanaan  salat Jumat-nya di masjid sekolah.

“MAN Sumenep terus berbenah dalam rangka kemajuan pendidikan,” ucap pria yang yang familiar disapa Ruddin itu.

Ruddin menambahkan, awal tahun 2020 MAN Sumenep pernah menjuarai liga basket di SMAN 1 Pamekasan tingkat Madura, juara 1 dalam pemrograman Android, juara 3, dan juara harapan dalam pemrograman excel di ITS se-Jawa Timur Juara 1 Junior catur se-Madura pada tahun 2019 juga banyak prestasi lain yang diraih sekolah unggulan ini.

“MAN Sumenep terus berbenah di dalam pengembangan pendidikan, khusus masa depan anak bangsa Indonesia, dan tetap pertahankan kualitas dan kedepankan moralitas,” pungkasnya. (imd)

Komentar

News Feed