oleh

Mangkraknya Bangunan KKJSM Disebut Terkendala Koordinasi 4 Bupati di Madura

Kabarmadura.id/BANGKALAN-Pembangunan Kawasan Kaki Jembatan Suramadu sisi Madura (KKSJM) kini mangkrak. Pasalnya pembangunan di kawasan tersebut seperti tanean Suramadu belum dimanfaatkan. Saat dikonfirmasi, Badan Pengembangan Wilayah Surabaya (BPWS) mengaku bahwa terkendala dengan koordinasi empat bupati di Madura.

Sekretaris Badan Pelaksana BPWS Sidik Wiyoto menjelaskan, kendala lambat dan mangkraknya pembangunan di Madura karena proses dari awal perencanaan terkadang berubah-ubah. Selama ini, upayanya memadukan koordinasi dari empat kabupaten di Madura tidak mudah.

“Proses dari awal perencanaan terkadang berubah-ubah. Yang satu minta B, satunya lagi minta A. Ini memang mudah diucapkan tapi sulit dilaksanakan,” ujarnya.

Pembangunan di Madura seperti di KKSJM, kata Sidik, tetap berlanjut setiap tahunnya. Namun, untuk mendapat hasil lebih bagus, dalam melaksanakan kegiatan yang anggarannya dari APBN tidak bisa segegabah mungkin.

Namun pihaknya telah melakukan pertemuan dengan empat bupati di Madura. Hasil koordinasinya diklaim terbilang bagus. Sehingga pemanfaatkan KKSJM seperti Tanean Suramadu bisa segera dilaksanakan.

“Saat ini masih dalam proses penjajakan dan mekanismenya antara Pemkab Bangkalan, BPWS dan investor,” terangnya.

Dia juga akan berkomitmen ketika sudah dibangun, segera dimanfaatkan. Namun, kata dia, pemanfaatan aset tidak bisa dipakai seenaknya dan harus ada pertanggungjawabannya. Maka dari itu, butuh koordinasi yang baik juga antara Pemkab Bangkalan dan BPWS serta investor.

Menurutnya ada peraturan menteri keuangan (PMK) yang harus dipatuhi. Jika salah sedikit, seperti pungutan tarif yang tidak sesuai bisa ditarik kembali. Bahkan, kendala-kendala untuk realisasi pembangunan dan pemanfaatan di KKSJM sangatlah banyak.

“Penarikan tarif saja BPWS tidak bisa menentukan. Secepatnya target kami segera dimanfaatkan, kalau bisa tahun ini. Kami juga memikirkan investor yang masuk agar tidak berfikir bangkrut tidak jika investasi disini (KKSJM, red),” tuturnya.

Dia berharap ada dukungan dari empat kabupaten yang ada di Madura agar pembangunan dan pemanfaatkan bisa segera dilakukan. Dia juga meminta agar pemerintah daerah di Madura dan pemerintah pusat tidak ragu-ragu pada BPWS.

“Kami mohon dukungannya kepada pimpinan di empat kabupaten di Madura ini,” pesannya.

Sementara itu, Wakil Bupati Bangkalan Moh. Muhni mengatakan, secepatnya KKSJM khususnya Tanean Suramadu segera di manfaatkan.

“Mudah-mudahan segera secepatnya bisa dimanfaatkan,” tandasnya. (ina/waw)

 

Komentar

News Feed