oleh

Masih Dibatasi, Hanya Layani Perekaman E-KTP

Kabarmadura.id/Sumenep-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Sumenep mengakui, masih melakukan pembatasan pelayanan kepada masyarakat. Selama ini yang dilayani hanya rekam kartu tanda penduduk (KTP) saja, sementara untuk layanan lainnya masih diharuskan melalui peran perangkat desa.

“Selain itu kami tidak menerima kecuali masyakarat yang berkebutuhan khusus. Harus melalui perangkat desa kalau mau mencetak KTP, KK, KIA, dan sebagainya,” kata Kepala Dispendukcapil Sumenep Sahwan Efendi, kemarin.

Hal itu dilakukan, tidak lain hanya untuk meminimalisir penyebaran wabah Covid-19 di Sumenep. Makanya layanan dibatasi, meskipun aktivitas di Kantor Despendukcapil dan mall pelayanan publik (MPP) sendiri tetap jalan.

Ia juga mendorong agar masyarakat mencetak sendiri administrasi kependudukan, khususnya yang berbahan HVS 80 gram, seperti akta kelahiran dan kartu keluarga. Bahkan, KTP juga bisa.

dicetak sendiri. Jika tidak memungkinkan untuk cetak sendiri, maka bisa

mendatangi 5 UPT yang sudah disediakan dan ditetapkan beberapa waktu lalu.

“Sebab bagi masyarakat yang cerdas untuk yang berbahan HVS A4 bisa mencetak sendiri ada aplikasinya, termasuk KTP juga bisa. Makanya meski tidak maksimal di sini masih bisa mendapatkan administrasi kependudukan melalui cetak sendiri,” imbuhnya. (ara/pai)

Komentar

News Feed