oleh

Masih Ditemukan Surat Suara Rusak di Bangkalan

Kabarmadura.id/BANGKALAN-Meskipun pengiriman logistik Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang diadakan serentak pada besok, 17 April, sudah dikirim ke masing-masing panitia pemilihan kecamatan (PPK), masih ditemukan ribuan surat suara mengalami kerusakan. Hal itu diketahui setelah dilakukan penyortiran dan pelipatan surat suara oleh petugas pelipatan surat suara.

“Semua surat suara untuk pemilihan yang rusak tidak banyak kok, sekitar 300 sampai 400 suarat suara yang rusak setiap dapil,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangkalan, Fauzan Jakfar.

Surat suara yang rusak ini diakibatkan oleh berbagai macam hal. Salah satunya yakni warna yang memudar atau kurang terang, sobek dan gambar yang kurang jelas.

“Untuk kerusakannyai macam-macam, ada yang warnanya memudar hingga yang sobek juga ada,” katanya.

Sementara untuk surat suara yang rusak, nantinya akan dimusnahkan sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh KPU dengan disaksikan oleh pihak keamanan dan dari Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu). Namun semua surat suara yang rusak telah diganti sebelum pengiriman logistik ke masing-masing PPK.

“Surat suara yang rusak tentunya sudah kita ganti dengan yang baru ya, sudah kita ganti sebelum pengiriman,” ujarnya.

Berdasarkan data yang diperoleh Kabar Madura dari Kepala Bagian Logistik KPU Bangkalan Yasir, total jumlah surat suara yang rusak ada 4.480. dari 4.480 surat suara rusak, dengan rincian yakni surat suara presiden dan wakil presiden sebanyak 927 lembar dan surat suara (DPD) sebanyak 326 lembar.

Kemudian surat suara DPR RI Dapil Jatim 11 ada 710 lembar, surat suara DPRD provinsi Dapil Jatim 14 mencapai 2.309, surat suara DPRD Bangkalan dapil 1 hanya 28, surat suara DPRD Bangkalan dapil 2 sampai 6 hanya mengalami kerusakan puluhan, dengan rincian dapil 2 ada 32, dapil 3 ada 43, dapil 4 ada 59, dapil 5 ada 31 dan dapil 6 sebanyak 15.

“Surat suara paling banyak ada di surat suara untuk DPRD provinsi Dapil Jatim yang mencapai 2 ribu, namun semuanya sudah kita ganti sebelum pengiriman surat suara,” tukasnya. (ina/waw)

Komentar

News Feed