oleh

Masih Minim, Ini Nominal Bantuan untuk Lansia dan Penyandang Disabili

Kabarmadura.id/Sumenep-Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sumenap mengakui, perhatian kepada masyarakat lanjut usia (lansia) dan penyandang disabilitas kategori berat masih terbilang rendah. Kabid Rehabilitasi Sosial (Resos) Fajarisman menjelaskan, penanganan kesejahteraan atau jaminan sosial untuk lansia itu jumlahnya sebesar Rp250.000 sementara untuk penyandang disabilitas kategori berat sebesar Rp300.000 per orang.

Bantuan tersebut mencakup 90 lansia dan penyandang disabilitas 20 orang. Berarti total bantuan yang diberikan pemerintah adalah sebesar Rp6.000.000 untuk disabilitas dan Rp22.500.000 untuk lansia.

“Syaratnya untuk lansia itu usianya harus 60 tahun ke atas dan sudah tidak berdaya, sementara untuk disabilitas itu juga tidak mempunyai kemampuan berusaha apapun, tak bisa ngapa-ngapain,” katanya, Senin (11/11).

Fajar (sapaan akrabnya) menambahkan, selain kedua jaminan sosial tersebut, pihaknya belum bisa memberikan bantuan lainnya.  Bahkan untuk tahun depan, pihaknya sangat pesimis untuk mempertahankan secara keseluruhan dari kouta yang disiapkan tahun ini, karena kabarnya akan diadakan pemangkasan anggaran.

“Mau gimana lagi, wong itu sudah ketentuan dari Pemkab. Kami kan hanya penyelenggara saja. Kalau kami sih harapannya banyak dapat kouta bukan hanya segitu,” imbuhnya.

Mantan Kabid Pembinaan SD di Dinas Pendidikan itu juga sangat berharap agar untuk ke depannya minimal tidak ada pengurangan terhadap kuota baik lansia maupun penyandang disabilitas, walaupun akan diadakan pemangkasan anggaran. Sehingga kaum lansia dan penyandang disabilitas tetap bisa mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah, meski dari sisi nominal belum mencukupi. (ara/pai)

Komentar

News Feed