Masih PPKM, Pemkab Sumenep Putuskan Minimalkan Kegiatan Peringatan Harjad ke-752

  • Whatsapp
(FOTO: KM/MOH RAZIN) PERINGATAN LALU: Pemkab Sumenep terakhir memperingati hari jadi pada tahun 2019 dan sempat digelar kegiatan-kegiatan besar.

KABARMADURA.ID;SUMENEP-Peringatan Hari Jadi Sumenep ke-752 di tahun 2021 ini, tidak akan semeriah tahun-tahun sebelumnya. Hari jadi yang jatuh pada 31 Oktober 2021 ini, rencananya hanya membuat sedikit kegiatan dan akan dikemas secara daring.

Selain alasan masih dalam situasi penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Jawa-Bali yang terus diperpanjang, juga tidak memungkinkan menggelar yang cenderung mengundang banyak orang. Terlebih saat ini kabupaten berjuluk Kota Keris itu kembali masuk level 3.

Hari Jadi Sumenep terakhir diperingati dengan meriah pada tahun 2019 lalu. Sejumlah perayaan digelar dengan semarak untuk memperingati hari jadi kabupaten yang terletak di ujung timur Pulau Madura ini.

Kegiatan di tahun 2019 itu antara lain, karnaval yang diiringi seluruh alat musik yang asli Sumenep. Namun untuk tahun ini, peringatan Hari Jadi Sumenep akan diperingati secara sederhana saja.

Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Sumenep Edy Rasyadi menjelaskan, tahun ini dikemas tanpa pagelaran budaya dan pertunjukan kesenian. Peringatan hari jadi kali ini sepi dari berbagai kegiatan.

Apalagi capaian vaksinasi Covid-19 di Sumenep masih belum sampai target. Sehingga yang biasanya ada semacam penampilan sejarah hari lahir dan lainnya, kini ditiadakan.

“Tidak ada kegiatan apapun dalam peringatan hari jadi sekarang,” kata dia.

Kemungkinan, dalam kegiatan hari jadi kali ini hanya akan dikemas dengan upacara adat di depan kantor Pemkab Sumenep. Pesertanya adalah jajaran pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD). Sedangkan dari unsur lainnya mengikuti upacara melalui virtual atau dalam jaringan (daring).

“Akan tetapi, semisal nanti ada gelaran acara, maka harus tetap berpedoman pada protokol kesehatan (prokes),” pungkasnya.

Reporter: Moh Razin

Redaktur: Wawan A. Husna

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *