Masih Tunggu Kemenhub, Pembangunan Lahan Bandara Trunojoyo Mandek

(KM/IMAM MAHDI) MANDEK: Hingga pertengahan tahun 2022, belum ada aktivitas pembangunan di lahan Bandara Trunojoyo yang telah dibebaskan.

KABARMADURA.ID | SUMENEP-Sampai saat ini, belum ada tanda-tanda Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep untuk melaksanakan pembangunan di lahan Bandara Trunojoyo. Padahal, sejak dua tahun lalu, tanah tersebut telah dibebaskan.

Mengenai hal itu, Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Perhubungan Sumenep, Mohammad Jakfar menyampaikan, pembangunan menunggu pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI.

“Jika pihak kementerian ada geliat untuk membangun, maka pemkab akan segera membantunya. Sebab, semuanya menjadi milik kementerian,”  katanya, Rabu (8/6/2022).

Bacaan Lainnya

Ditambahkan, tanah tersebut telah dihibahkan kepada Kemenhub. Sehingga menurutnya, yang berhak membangun adalah pihak Kemenhub.  “Jadi tunggu dari Kementerian, ya,” tegasnya.

Diketahui sebelumnya, Pemkab Sumenep berhasil membebaskan 1 hektar lahan untuk peningkatan fasilitas Bandara Trunojoyo. Ia mengakui, perluasan lahan yang dibutuhkan pada tahun 2020 mencapai 33 hektar. Bahkan, sempat dianggarkan Rp6 miliar untuk pembebasan lahan seluas 23 hektar.

Sementara itu, anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumenep Akhmad Zainur Rakhman sangat menyayangkan tanah yang telah dibebaskan hingga saat ini belum difungsingkan. Ia menegaskan, seharusnya sejak awal rencananya matang. Sehingga, di lahan tersebut, mulai ada pembangunan.

“Jika tidak difungsikan, mubazir kan. Sudah ada lahan namun pembangunan tidak ada,” pungkasnya.

Reporter: Imam Mahdi

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.