oleh

Masjid Agung Asy-Syuhada Pamekasan Tetap Gelar Tarawih Berjamaah

Kabarmadura.id/PAMEKASAN–Kegiatan ibadah di bulan puasa terus berlangsung di Kabupaten Pamekasan, termasuk di antaranya salat tarawih berjamaah, bahkan Masjid Agung As-Syuhada Pamekasan tidak absen menggelar salat tarawih berjamaah.

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Pamekasan Afandi yang juga Dewan Pembina Takmir Masjid Agung As-Syuhada Pamekasan mengaku bahwa hal tersebut merupakan hasil rapat antara Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pamekasan dengan para ulama dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pamekasan.

“Hal itu sudah disesuaikan dengan hasil rapat antara Forkopimda dengan ulama dan MUI Pamekasan, coba cek edaran yang diterbitkan kabag kesra,” ulasnya.

Sementara itu, berdasar informasi dari salah seorang takmir Masjid Agung As-Syuhada Pamekasan, Masjid Agung As-Syuhada tetap tergelar kegiatan ibadah seperti pada biasanya, salat tarawih berjamaah tertap berlangsung sebagaimana mestinya, dan salat wajib lima waktu juga tetap berlangsung sebagaimana mestinya.

Bahkan bagi-bagi takjil dan buka puasa bersama masih tetap ada seperti tahun-tahun sebelumnya.

Meski begitu, kata takmir masjid yang tidak berkenan disebutkan namanya tersebut, pihaknya telah menjalankan imbauan pemerintah untuk menjaga kesehatan dan menjaga kebersihan, penyemprotan disinfektan juga dilakukan kepada jamaah.

Bahkan di depanm masjid disediakan tempat cuci tangan, juga menganjurkan jamaah untuk mengenakan masker saat hendak memasuki masjid. Bahkan lantai masjid selalu dibersihkan setiap atau seusai salat wajib dengan disemprot disinfektan.

Pihaknya juga telah mengikuti imbauan MUI Jawa Timur, dan pada pelaksanaan salat tarawih pertama, sekretaris MUI Jawa Timur memantau langsung berjalanya salat sunah di bulan puasa itu.

”Kami tetap ikuti imbauan pemerintah, tapi jamaah Masjid As-Syuhada punya pemikiran lain, jika salat di rumah warga tidak bisa beribadah sekhusyuk di masjid, tapi jika ibadahnya di masjid, kita bisa salat bersama berdoa bersama, untuk negeri kita Indonesia,” ujarnya. (ali/waw)

 

 

Komentar

News Feed