oleh

Masjid Al-Akbar; Minimalis tapi Representatif

Kabarmadura.id/Pamekasan-Berdiri masjid minimalis di Desa Panglegur, Kecamatan Tlanakan, Pamekasan. Masjid tersebut bernama Al-Akbar. Ia tergolong sangat kecil; menampung tidak lebih 100 jamaah.

“Memang masjidnya sudah seperti ini, tidak terlalu besar, kecil. Saya pikir semua masjid sudah besar-besar. Biasanya kebanyakan yang ukurannya seperti ini tergolong langgar. Tapi, ini masjid. Kurang dari 100 jamaah bisa menampungnya,” kata tokoh masyarakat Achmad Djazuli yang baru saja salat Asar berjamaah, Selasa (16/6/2020) sore.

Kendati terbilang masjid minimalis, “Rumah Allah” yang berada di depan Taman Makam Pahlawan Pamekasan itu memiliki fasilitas yang memadai. Di tengah wabah Covid-19, masjid itu juga mendapat bantuan tandon yang berguna bagi jamaah hendak mencuci tangan sebelum dan seusai masuk masjid.

Selain itu, Masjid Al-Akbar sudah tidak menggunakan kipas angin sebagai pendingin ruang, akan tetapi menggunakan dua buah air conditioner (AC).

Lebih lanjut, di dalam masjid terdapat sejumlah kaligrafi yang ditaruh dalam figura. Serta, Al-Qur’an yang terdapat di masjid sudah diletakkan di lemari kaca mini yang nempel di dinding.

“Memang kalau fasilitasnya sudah bagus di sini, mulai menggunakan AC di tengah Covid-19, juga ada tempat cuci tangan, karpetnya juga bersih, nyaman beribadah di dalam. Pasti banyak orang senang ibadah di sini, iya tapi memang kecil seperti ini,” sambungnya.

Meskipun sudah terbilang masjid representatif, Masjid Al-Akbar itu masih dalam tahap rehab. Saat ini, sedang menambah pagar di bagian teras belakang yang diperpanjang agar bisa menampung jamaah lebih banyak.

“Iya, ini masih belum selesai. Itu orang kerja sedang memasang pagar, karena ke belakang akan menjadi tambahan jamaah, nanti bisa lebih banyak. Soalnya kalau saat Jumat, banyak jamaahnya. Apalagi posisinya di pinggir jalan raya,” pungkasnya. (idy/nam)

Komentar

News Feed