oleh

Masjid Al-Amin; Dilarang di Teras saat Waktunya Salat dan Zikir

Kabarmadura.id/Pamekasan-Sepanjang Jalan Pelabuhan ke Dermaga Branta Pesisir Pamekasan, bakal dijumpai dua masjid. Masjid yang paling dekat dengan pelabuhan tersebut hanya terlihat kubahnya dari jalan raya, yakni Masjid Al-Amin Branta Pesisir. Hal itu tidak terlepas posisinya yang masih harus masuk gang.

Gang pertama sebagai akses menuju maajid itu, hanya cukup untuk satu sepeda motor. Begitu juga dengan gang kedua yang muncul dari sebelah selatan masjid juga hanya cukup untuk satu sepeda motor.

Namun, banyak jamaah yang membawa sepeda motor ke masjid tersebut. Lantaran, Masjid Al-Amin masih menyediakan halaman untuk parkir, meskipun terletak di tengah pemukiman warga Desa Branta Pesisir, Kecamatan Tlanakan, Pamekasan.

Ketika sudah berada di halaman masjid, kelihatannya tidak begitu luas. Namun berbeda dengan masuk ke dalam masjid. Ternyata, tempat ibadah itu cukup banyak menampung jamaah, lantaran bentuknya memanjang. Di dalam masjid juga dihiasi dengan  sejumlah kaligrafi di bagian atas.

Uniknya, jamaah Masjid Al-Amin Branta Pesisir ini tidak permah bersantai seperti duduk-duduk di teras masjid saat salat berjamaah ataupun zikir.

Seperti yang dijelaskan tokoh masyarakat setempat, Achmad Rasyidi, Pengurus Takmir Masjid Al-Amin membuat peraturan larangan duduk di teras masjid ketika di dalam sedang salat ataupun zikir.

Tak heran, jamaah yang selesai salat berjamaah tapi tidak ingin zikir langsung berjalan menuju pintu keluar masjid untuk bergegas pulang.

“Memang ada larangan dari pengurus takmir masjid sini untuk duduk di teras masjid. Itu ketika jamaah yang lain sedang salat dan zikir. Jadi, yang nggak mau zikir pasti langsung pulang,” ujarnya kepada Kabar Madura selepas salat Asar, Minggu (14/6/2020).

Selain itu, Rasyidi menyampaikan, jamaah juga dilarang membawa anak kecil sekitar berusia 3 hingga 5 tahun yang biasa mengganggu kekhusyuan jamaah yang sedang salat.

“Anak kecil juga dilarang dibawa ke sini. Yaitu, yang berpotensi atau biasa mengganggu,” pungkasnya. (idy/nam)

Komentar

News Feed