Masjid Al-Falah, Jamaah Budayakan Ngaji usai Salat

  • Whatsapp
(KM/SYAHID MUJTAHIDY) RUTIN: Jamaah Masjid Jami’ Al-Falah Tanjung selalu menyisakan waktu untuk mengaji al-Qur’an setelah salat berjamaah.

Kabarmadura.id/Sampang-Sembari mobil berlalu-lalang melintas di depan Masjid Jami’ Al-Falah Tanjung, Camplong, Sampang, masyarakat setempat juga satu per satu memasuki masjid.

Sebelum memasuki pekarangan masjid, tepatnya di pintu gerbang sudah tersedia tempat cuci tangan beserta sabunnya. Jamaah yang hendak ke masjid tidak langsung memasuki halaman masjid, namun bergantian mencuci tangan terlebih dahulu.

Bacaan Lainnya

Sambil jamaah mulai berdatangan, toa masjid mulai mengumandangkan azan sebagai tanda sudah masuk waktu salat Zuhur, Rabu (8/4/2020) pukul 11.29 WIB.

Bilal tidak langsung membacakan ikomah, tapi memberikan jeda bagi yang hendak salat sunnah dan bagi jamaah yang masih dalam perjalanan ke masjid.

Setelah menunaikan salat Zuhur berjamaah, tidak sedikit yang masih berdiam di masjid. Mereka berzikir dan memanjatkan doa bersama. Baru setelah itu kebanyakan jamaah beranjak menuju pintu keluar masjid.

Akan tetapi, beberapa orang masih berdiam di masjid sembari mengambil Al-Qur’an untuk mengaji sendiri-sendiri.

Kata tokoh masyarakat Imam yang juga tidak langsung meninggalkan masjid mengungkapkan, setiap selesai salat jamaah, banyak yang tidak langsung meninggalkan masjid, serta melanjutkan untuk mengaji al-Qur’an.

Meskipun, dia menjelaskan, beberapa dari jamaah yang masih mengaji, harus bekerja setelah salat Zuhur berjamaah.

“Memang banyak yang tidak langsung pulang tapi mengaji dulu, meskipun saya tahu, ada yang harus bekerja. Tapi, pasti menyisakan waktu untuk mengaji,” ucapnya di teras masjid kepada Kabar Madura, Rabu (8/4/2020) siang. (idy/nam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *