oleh

Masjid Al-Falah: Sulit Dicari, Namun Ramai Jamaah

Kabarmadura.id/Sumenep-Saat melintas di Jalan Trunojoyo Nomor 125C Kebun, Kolor, Sumenep, sulit untuk menemukan Masjid yang bernama Al-Falah. Sejatinya, di sekitar itu, terdapat masjid yang ramai dengan jamaah, namun sulit untuk diketahui.

Tepat di depan Rumah Makan Toby’s di jalan tersebut, terdapat pintu gerbang yang sangat besar atau di sebelah barat jalan dari arah selatan. Meskipun tidak terlihat kubah, tapi di dalamnya terdapat Masjid Al-Falah.

Kendati kubah tidak terlihat, masjid tersebut memiliki satu menara yang bisa dilihat dari jalan raya. Namun, kala sebatas melintas di jalan tersebut sulit untuk menemukan masjid itu.

“Memang banyak yang tidak tahu kalau di sini ada masjid, terutama pengendara yang berlalu lalang di depan. Mungkin mereka hanya mendengar suara azan. Tapi, bagi yang sudah tahu banyak juga yang salat ke sini,” ujarnya tokoh masyarakat Abdul Kadir kepada Kabar Madura, Rabu (15/7/2020) sore.

Selain itu, pria berusia 59 tahun itu menceritakan, sejatinya masjid tersebut sudah lama, yakni sejak tahun 1976 atau 44 tahun yang lalu.

Seiring dengan kian padatnya di daerah tersebut serta bangunan mulai tambah padat, masjid itu jadi sulit untuk terlihat dari jalan raya. Ditambah lagi, posisinya masuk menjorok ke dalam.

“Sudah lama masjid ini berdiri, sekitar 1976 tahun yang lalu. Iya, dulu saya masih anak-anak sudah ada masjid ini. Tapi sekarang beda; semakin padat daerah sini, masjidnya kan lebih ke dalam,” sambungnya.

Di samping itu, Kadir menuturkan, masjid tersebut memiliki program sebagaimana mestinya salat berjamaah lima waktu, Subuh, Zuhur, Asar, Magrib, dan Isya, serta salat Jumat.

“Iya, sama dengan masjid-masjid lain. Salat lima waktu dan salat Jumat. Acara malam Jumat mengaji, biasanya beda dengan malam yang lain,” pungkasnya. (idy/nam)

Komentar

News Feed