Masjid Al-Falah, Tetap Ramai di Tengah Covid-19

  • Whatsapp
KM/ SYAHID MUJTAHIDY

Kabarmadura.id/Pamekasan-Kabupaten Pamekasan tercatat tertinggi kedua penyebaran wabah Covid-19 di Pulau Madura. Seperti yang dikeluarkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) per-Senin (27/4/2020), 7 pasien terinfeksi Covid-19, 6 pasien dalam pengawasan (PDP), dan 46 orang dalam pantauan (ODP).

Akan tetapi, sejumlah masjid tetap ramai dengan jamaah. Salah satunya Masjid Al-Falah di Desa Ceguk, Kecamatan Tlanakan, Pamekasan. Setiap hari, salat jamaah lima waktu Subuh, Zuhur, Asar, Magrib, Isya, dan Subuh tetap jalan. Jamaah yang hadir mulai dari anak-anak, remaja, hingga yang sudah dewasa, seperti yang dijelaskan tokoh masyarakat setempat Hasan Basri.

Bacaan Lainnya

Di samping itu, di masjid tersebut juga digelar salat Jumat dan tarawih berjamaah setiap malam.

“Memang di sini tetap menunaikan salat berjamaah lima waktu. Banyak juga dari masyarakat mulai dari yang anak-anak, hingga yang sudah tua, datang semua ke sini untuk salat berjamaah. Salat tarawih dan Jumat juga,” ujarnya kepada Kabar Madura, Selasa (28/4/2020) siang.

Di samping itu, di masjid tersebut tidak melakukan penjarangan antar-jamaah ketika salat berjamaah. Serta, melakukan jabat tangan setelah selesai salat berjamaah. Bahkan, mereka tidak sebatas berjabat tangan dengan jamaah yang duduk di dekatnya. Namun, keliling hingga semua jamaah bisa berjabat tangan.

“Kalau soal itu (penjarang), memang tidak. Dan kami memang punya kebiasaan setelah salat berjamaah, untuk berjabat tangan semuanya. Ini bagus untuk keharmonisan jamaah,” sambungnya.

Lebih lanjut, Hasan menceritakan, dengan lokasi masjid yang paling dekat dengan Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan (SGMRP) Pamekasan, ketika gelaran pertandingan, terdapat jamaah dari kalangan suporter.

“Iya memang ini yang paling dekat dengan stadion. Banyak, ada suporter yang ke sini yang sakat. Terutama kalau pertandingan malam pasti sangat banyak sekali,” tutup pria berusia 49 tahun itu. (idy/nam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *