Masjid Al-Fuady Diserbu Banyak Jemaah Pendatang

  • Whatsapp
(KM/ SYAHID MUJTAHIDY)

Kabarmadura.id/Sumenep-Sepanjang Jalan Raya Pamekasan-Sumenep, banyak masjid yang terletak di pinggir jalan. Salah satunya Masjid Al-Fuady di Dusun Lorong, Desa Pakandangan Tengah, Kecamatan Bluto, Sumenep.

Masjid Al-Fuady itu setiap hari tetap ramai dengan jemaah, meskipun tengah ada wabah Covid-19. Salat berjemaah seperti Zuhur, Asar, Magrib, Isya, dan Subuh tetap berjalan. Begitu juga dengan Salat Jumat dan Salat Tarawih.

Bacaan Lainnya

Diketahui, Kabupaten Sumenep sudah masuk zona merah. Berdasarkan data Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) per-Sabtu (9/5/2020) pukul 17.56 WIB, 5 pasien terinfeksi Covid-19 dan 2 pasien dalam pengawasan (PDP).

Seperti yang disampaikan Remaja Masjid Zakyuddin, sudah terdapat tempat cuci tangan di depan masjid. Setiap jemaah yang hendak masuk masjid harus mencuci tangannya terlebih dahulu.

“Ibadah di masjid tetap jalan seperti biasa. Banyak jemaah yang datang ke sini untuk salat dan mengaji. Salah satu antisipasinya, ya itu ada tempat cuci tangan. Jadi, jemaah yang mau masuk cuci tangan dulu di situ,” ceritanya kepada Kabar Madura, Minggu (10/5/2020) siang

Di samping itu, kata Zaky, sejatinya pantangan sangat besar bagi pengurus masjid yang masjidnya berada di tepi jalan raya. Hal itu tidak terlepas dari banyaknya jemaah pendatang dari pengguna jalan yang berhenti hanya untuk salat jemaah.

Kondisi tersebut juga yang membuat jemaah masjid setempat untuk tetap waspada meskipun bisa beribadah di Masjid Al-Fuady, agar tidak terjadi wadah penularan wabah Covid-19 di masjid tersebut.

“Kalau boleh berbicara sebenarnya pantangan sangat besar itu bagi masjid yang ada di pinggir jalan. Apalagi, di pinggir jalan seperti ini jalan raya maksudnya. Banyak pengendara sepeda yang berhenti untuk salat, mobil kadang juga. Jadi, kami imbau agar sama-sama tetap mengantisipasi penularan Covid-19 ini,” pungkasnya. (idy/nam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *