Masjid Al-Ikhlas Biasakan Tadarusan setelah Salat Tarawih

  • Whatsapp
FOTO: KM/DYAHID MUJTAHIDY

Kabarmadura.id/Pamekasan-Masyarakat di Desa Panglegur, Kecamatan Tlanakan, Pamekasan tetap meramaikan masjid di Bulan Ramadan tahun 2020. Walaupun, Bumi Gerbang Salam sudah masuk zona merah.

Salah satu masjid di Desa Panglegur yang masih ramai dengan rutinitas peribadatan adalah Masjid Al-Ikhlas. Masjid tersebut menggelar salat berjamaah lima waktu seperti Subuh, Zuhur, Asar, Magrib, dan Isya, serta salat Jumat.

Bacaan Lainnya

“Memang kami tetap melangsungkan salat berjamaah di sini, sembari tetap berhati-hati. Tapi, banyak jamaah yang tetap memilih untuk berjabat tangan atau merapatkan shaf,” kata tokoh masyarakat Mohammad Efendi, Senin (4/5/2020).

Diketahui, dalam data Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) per-Senin (4/5/2020) pukul 17.12 WIB, 10 pasien terinfeksi Covid-19, 10 pasien dapam pengawasan (PDP), dan 20 orang dalam pantauan (ODP).

Namun, maajid tersebut tetap berjalan seperti biasanya, tidak menerapkan penjarangan antarjamaah. Serta, jamaah juga berjabat tangan setelah salat jamaah. Akan tetapi, di pintu masuk area masjid sudah disediakan tempat cuci tangan.

Masjid tersebut juga menghelat salat tarawih di  Bulan Ramadan ini. Ditambah lagi, beberapa masyarakat menggelar tadarusan setelah salat tarawih.

Kata remaja setempat Imam Bukhori yang ikut tadarusan, Sabtu (2/5/2020) malam, tadarusan itu memang berlangsung setiap Bulan Ramadan. Tahun ini tetap berlangsung di tengah wabah Covid-19.

“Iya kadang ikut, kadang tidak tadarusan. Tapi, setiap malam ada tadarusan di sini, biasanya telah salat tarawih ini. Memang setiap tahun sih, apalagi tahun-tahun sebelumnya pasti lebih ramai,” pungkasnya. (idy/nam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *