oleh

Masjid Al-Munawwarah Siapkan 300 Takjil Gratis Setiap Hari

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN – Salah satu masjid yang tetap ramai dengan jemaah baik selama bulan Suci Ramadan maupun bulan-bulan biasa yaitu masjid Al-Munawwarah yang bertempat di Jalan Segara Nomor 26 Pamekasan. Masjid ini seolah menjadi rumah pribadi kedua bagi jemaah ketika Ramadan.

Masjid yang dibangun sejak jaman kolonial belanda ini telah mengalami tiga kali renovasi sejak tahun 1950. Kini, masjid ini menjadi rumah ibadah yang nyaman bagi para jemaah. Sebab, selain lokasi yang strategis dan bernuansa tropis, masjid ini berada di pusat Kota Pamekasan.

Selama Ramadan Masjid Al-Munawwarah memiliki program bagi-bagi takjil gratis kepada seluruh jamaah masjid. Bahkan, setiap harinya hingga menghabiskan 300 bungkus nasi dan makanan ringan. Namun meski begitu, masjid ini sama sekali tidak menggunakan dana kas masjid.

“Tahun ini tambah banyak, bahkan kita sampai membuka posko pembagian takjil,” ucap Ketua Takmir Masjid Al-Munawwarah, Fahti Fauzi yang juga sekaligus Ketua Yayasan Amal Insan Peduli itu.

Dikatakannya, pihak masjid bekerjasama dengan Yayasan Amal Insan Peduli dalam hal pengumpulan donasi. Jumlah donasi yang diterima dari yayasan tersebut tidak tanggung-tanggung, yakni bisa mencapai Rp100 juta. Dana itu didapat dari para donatur dan relawan sebagai infaq atau sodaqoh kemudian disalurkan ke masjid itu berupa takjil gratis.

Selain itu, dalam menyambut bulan Suci Ramadan, masjid ini memiliki sejumlah program Ramadan. Selain salat lima waktu dan tarawih, pihaknya memiliki program tadarus setiap malam sesuai salat tarawih dan program iktikaf pada sepuluh hari terakhir bulan puasa.

Program iktikaf itu diniatkan sebagai upaya mendekatkan diri kepada Allah dan berikhtiar agar mendapat kebaikan Lailatul Qadar. Puluhan jemaah akan terlihat memadati sudut-sudut masjid jika telah tiba sepuluh terakhir bulan puasa.

“Cuma kebanyakan tidak full 10 hari. Itu kurang lebih yang mengikuti program ini dari 100 sampai 150 orang jemaah,” ungkapnya. (ali/mam)

Komentar

News Feed