oleh

Masjid As-Sholeh; Meski Tersembunyi, Tetap Ramai Jamaah

Kabarmadura.id/Pamekasan-Ketika sudah masuk waktu azan, di Jalan Raya Trunojoyo Pamekasan, tepatnya sekitar Hotel Putri Pamekasan bakal terdengar suara azan, namun tidak dapat melihat masjid dari jalan raya.

Ternyata, masjid tersebut berada di gang ke arah timur yang berada di sebelah kiri jembatan, tapi tidak membutuhkan jarak tempuh yang jauh. Sebab, setelah memasuki gang sudah bisa menjumpai masjid yang berada di sebelah kiri. Masjid itu bernama As-Sholeh.

Bagi yang tidak jeli, jamaah bakal melewati masjid tersebut tanpa melihatnya. Hal itu bukan lantaran mistis, tapi secara arsitek dari samping tidak menyerupai masjid yang penuh banyam pilar atau biasanya terdapat teras masjid.

Seperti yang dijelaskan tokoh masyarakat setempat Wahab, bagi jamaah pendatang yang mencari suara azan dari masjid itu, kerap kali kesulitan lantaran berada di padatnya perkampungan, serta dengan arsitek yang sulit dikenali.

“Memang sulit ya? Bagaimana Anda tadi kelewat cari masjid ini ya? Banyak memang yang sulit cari lokasinya, tapi kelewatnya sedikit karena suara azan sudah bisa jadi pengingat kalau lewat,” terangnya kepada Kabar Madura, Selasa (12/5/2020) siang.

Selanjutnya, pria berusia 39 tahun itu menjelaskan, sejatinya masjid tersebut sebelum direhab, jamaah pendatang lebih mudah mengetahui letak Masjid As-Sholeh itu.

“Kalau dulu sebelum ada perbaikan, lebih mudah. Berbeda sengan sekarang. Karena dulu tidak seperti ini, ditambah ini ke depannya juga,” sambungnya.

Biasanya saat waktu salat Zuhur atau Asar, kata Wahab, jamaah pendatang cukup banyak terutama bagi yang bekerja di sepanjang Jalan Trunojoyo itu. Diketahui, sepanjang jalan itu banyak pertokoan yang setiap hari ramai.

“Banyak juga (jamaah) ketika Zuhur dan Asar. Soalnya masih banyak sopir atau pekerja di sepanjang jalan itu. Jadi, bukan hanya masjid sekitar sini saja,” tutup Wahab. (idy/nam)

Komentar

News Feed