oleh

Masjid Bagandan Tawarkan Konsep Sejuk dan Bersih

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN -Masjid Bagandan yang berlokasi di Desa Jungcangcang Pamekasan merupakan tempat yang tepat untuk meningkatkan ibadah jamaahnya, karena sedari berdiri pada tahun 1956 dari masa kemasa terus eksis sebagai tempat ibadah yang tentram dan tenang bagi jamaahnya dengan terus menjunjung nilai-nilai keislaman Rahmatan Lil Alamin, apalagi pada bulan puasa, antusiasme para jamaah semakin bertambah untuk menghabiskan waktunya beribadah.

Menurut Pengurus Takmir Masjid Bagandan, H Abdulllah BA, salah satu cara untuk memberikan kenyamanan kepada para jemaah, yakni dengan cara terus menjaga kebersihan dan kesejukan di lingkungan masjid, sehingga para jemaah bisa leluasa melaksanakan ibadahnya setiap kali adzan berkumandang dalam melaksanakan ibadah salat wajib 5 waktu.

Bahkan pada pada bulan puasa, beragam kegiatan tambahan yang melaksanakan, yakni sholat tarawih berjamaah, tadarus secara bersama-sama setelah sholat berjamaah, serta banyak masyarakat yang i’tikaf di masjid, dengan membaca Alquran atau dengan membaca kalimat toyyibah.

“Antusiasme jemaah pada saat bulan puasa semakin meningkat, terbukti ketika melaksanakan salat magrib dan isya berjamaah, serta dilanjutkan dengan sholat tarawih, biasanya jika sholat pada hari biasanya hanya 3 shaf sekarang bertambah mejadi 5 shaf,” paparnya. Selasa (20/4/2021).

Dijelaskannya, di masjid yang berlokasi di pinggir jalan tersebut, jumlah jemahnya ada 75 sampai 100 orang setiap kali salat,   pada bulan puasa ini tidak memberikan buka bersama kepada para jemaahnya.

“Untuk makan bersama tidak ada, jadi cuma tadarus Alquran mengambil 1 juz setiap malam,” ulasnya.

Dia juga mengimbau kepada seluruh umat Islam untuk bisa terus menghidupkan masjid dengan cara melaksanakan salat berjamaah 5 waktu secara aktif, sehingga bisa mendapatkan pahala yang banyak dari yang Maha Kuasa.

“Pada bulan puasa kami mengimbau untuk meningkatkan ibadah, karena pahalanya dilipat gandakan,” tukasnya. (rul/mam)

 

Komentar

News Feed