oleh

Masjid Baitur Rahman; Ramai dengan Jamaah Anak dan Remaja

Kabarmadura.id/Pamekasan-Ketika pukul 11.22 WIB, dari toa Masjid Baitur Rahman Komplek Pasar Pao, Desa Dasok, Kecamatan Pademawu, Pamekasan mulai bergema suara azan. Itu sebagai tanda sudah memasuki waktu salat Zuhur.

Jamaah masjid setempat satu per satu mulai memasukinya. Sebelum masuk ke area masjid, mereka harus cuci tangan yang sudah tersedia di pintu gerbang, lengkap dengan imbauan untuk mencuci tangan sebelum memasuki masjid. Tanpa imbauan secara lisan, mereka langsung menjalankannya.

Hal itu tidak terlepas dari kondisi genting lantaran wabah Covid-19. Diketahui dari laman Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim), Kabupaten Pamekasan telah termasuk zona merah dengan kasus 11 pasien terinfeksi Covid-19, 22 pasien dalam pengawasan (PDP), dan 445 orang dalam pantauan (ODP) per-Sabtu (16/5/2020).

Selain jamaah dari masyarakat setempat, beberapa sopir kendaraan yang berlalu lalang di Jalan Raya Pasar Pao Pamekasan itu juga singgah sejenak. Mereka menunaikan salat Zuhur berjamaah di Masjid Baitur Rahman.

Uniknya, di Masjid Baitur Rahman, banyak jamaah dari kalangan anak-anak dan remaja yang juga memilih salat berjamaah. Seperti yang disampaikan tokoh masyarakat Moh. Ali, mereka dari masyarakat setempat.

Lebih lanjut, Ali menyampaikan kesalutannya kepada jamaah anak-anak dan remaja yang datang rutin ke masjid. Sebab, dia menilai, biasanya yang ramai dengan jamaah yang dimaksud ialah ketika waktu salat Magrib dan Isya.

Ditambah lagi, saat ini tengah menjalani Bulan Ramadan. Dia menyebutkan, jamaah waktu beribadah pada petang dan malam hari bakal lebih banyak, sembari untuk menunaikan salat Tarawih.

“Memang yang salat ke masjid sini bukan hanya jamaah dari yang sudah tua-tua atau dewasa, tapi anak-anak dan remaja setempat juga bersama-sama datang ke sini untuk salat berjamaah. Waktu Zuhur seperti ini mereka datang bukan hanya ketika salat malam. Bahkan, saat malam lebih banyak,” ceritanya kepada Kabar Madura, Minggu (17/5/2020) siang. (idy/nam)

Komentar

News Feed