oleh

Masjid Raudatul Ikhsan; Khataman Tiap Malam Jumat Legi

Kabarmadura.id/Sumenep-Masjid yang tengah direhab di Desa Jaddung, Kecamatan Pragaan, Sumenep itu bernama Masjid Raudatul Ikhsan. Sembari direhab, sejumlah masyarakat setempat menunggu orang yang berlalu-lalang di depan masjid; mereka hendak memberikan amal untuk perbaikan masjid.

Sejauh ini, seperti yang disampaikan tokoh masyarakat setempat Faizi Umar, masjid tersebut menjalani rehab untuk kubah dan pagar masjid.

“Masjid ini dulu sudah ada, lupa saya sudah direhab berapa kali. Sekarang yang diperbarui itu kubah masjid, dan ada pagar lagi. Iya, setiap hari ada masyarakat yang minta amal di pinggir jalan suka rela,” ceritanya kepada Kabar Madura, Senin (20/7/2020) usai menunaikan salat Subuh berjamaah.

Pria yang familiar disapa Faiz itu menyampaikan, program masjid tersebut seperti masjid pada umumnya, yakni menjalankan salat lima waktu Subuh, Zuhur, Asar, Magrib, dan Insya, serta salat Jumat.

Namun, Pengurus Takmir Masjid Raudatul Ikhsan memiliki program khusus setiap Kamis malam atau malam Jumat Legi. Orang Madura bisa mengenalnya dengan Jumat manis.

Kata Faiz, biasanya masyarakat setempat melakukan khataman di malam tersebut, sembari mendoakan sesepuh desa.

“Yang beda mungkin di setiap malam Jumat, di sini ada hataman. Banyak masyarakat berkumpul di masjid. Jadi, tidak sampai larut malam walaupun dihatamkan malam itu juga, sambil mendoakan sesepuh yang sudah meninggal juga,” ujarnya.

Sementara itu, Faiz menceritakan, Remaja Masjid (Remas) Raudatul Ikhsan juga berjalan. Dia menyebutkan, salah satu yang intens programnya adalah bersih-bersih masjid.

“Program remas yang intens ialah ikut bersih-bersih masjid; pemuda-pemuda di sini terlibat. Bagus itu bagi mereka yang peduli terhadap rumah ibadah ini,” tandasnya. (idy/nam)

Komentar

News Feed