Masuk DCT, Pemkab Sampang Coret 3 PD

  • Whatsapp
Ilustrasi/IST

Kabarmadura.id – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sampang memastikan telah mencoret 3 nama pendamping desa (PD). Sebab, mereka diketahui masuk Daftar Caleg Tetap (DCT) Pileg 2019.

Ketiganya, masing-masing bernama Abdul Faqih, Mujiburrahman dan Ali Muhdlor.

“Mereka sudah menghadap kepada kami untuk mengundurkan diri. Berkasnya sudah dikirim ke provinsi,” kata Kepala DPMD Kabupaten Sampang, Malik Amrullah.

Dijelaskan mantan kepala Dinas Sosial itu, pengunduran diri meraka akibat larangan PD merangkap jabatan sesuai Surat Nomor 056/KPW-IV-JATIM/X/2017 tentang Larangan Rangkap Jabatan Tenaga Pendamping Profesional Masyarakat Desa (TPPMD) di DPMD.

“Saat ini kami hanya menunggu kepastian status ketiganya dari provinsi. Apalagi mereka masuk dalam daftar caleg,” tambahnya.

Semetara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Sampang Insiyatun mengatakan, mendaftar sebagai bacaleg merupakan hak setiap individu. Dengan catatan, tidak melanggar aturan dan ketentuan yang berlaku.

Diterangkan Insiyatun, dalam persyaratan pencalonan dan calon, tidak ada larangan tenaga pendamping untuk maju menjadi caleg dan mengharuskan mundur dari profesi sebelumnya.
Itu berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017, PKPU 20 Tahun 2018 dan Surat Keputusan KPU RI Nomor 876/PL014KPT/06/KPU/7/2018 yang mengatur tentang pedoman teknis pengajuan dan verifikasi anggota DPR Provinsi, Kabupaten/Kota. Serta Peraturan bawaslu RI nomor 23 tahun 2018 tentang pengawasan pencalonan peserta pemilu Anggota DPR Provinsi dan Kabupaten/Kota.

“Jadi begini, tidak ada larangan bagi PD untuk mendaftar menjadi caleg. Tetapi yang melarang mereka adalah instansi yang menaungi mereka bekerja, dalam hal ini DPMD,” tutur Insiyatun menjelaskan. (awe/sam/nam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *