oleh

Masyarakat Diminta Waspadai Penyebaran Covid-19

Kabramadura.id/Sampang-Penanggung jawab posko covid-19 Kabupaten Sampang Rahmad Sugiono mengatakan, setiap hari  posko perecepatan penanganan covid-19 menerima kunjungan hingga puluhan warga. Kedatangan warga itu tidak lain untuk melakukan pemeriksaan kesehatan diri.

“Mereka mengaku pernah melakukan perjalanan ke daerah endemik seperti Surabaya, Malang dan sebagian dari Jakarta dan Sukabumi,” ungkapnya.

Dirinya menjelaskan, mayoritas masyarakat yang datang ke posko tersebut secara mandiri. Berdasarkan hasil pemeriksaan suhu tubuh dan konsultasi gejala kesehatan, hampir kesemuanya dalam kondisi normal.

“Rata-rata suhu tubuh mereka dikisaran 36 derajat celcius,” katanya.

Diungkapkan olehnya, warga yang memeriksanakan diri digolongkan orang dalam resiko (ODR), karena masih dalam kondisi kesehatan normal. Namun, manakala ada keluhan, langsung dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan diri ke puskesmas setempat.

Lanjut Rahmat, selain melakukan pemeriksaan masyarakat, pihaknya juga melakukan penyemprotan cairan desinfektan terhadap kendaraan pengunjung, karena mempunyai riwayat bepergian ke daerah endemik, sebagai upaya pencegahan wabah virus pandemik corona ke wilayah Sampang.

“Kami tidak hanya memeriksa orang yang datang, tapi kami juga menyemprotkan disinfektan ke kendarannya,” terangnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Sampang Fadol mengaku, dirinya beserta sebagian anggotanya telah melakukan pemeriksaan ke posko covid-19 setempat. Hal itu dilakukan, lantaran dirinya bersama sejumlah wakil rakyat lainnya, baru selesai melaksanakan kunjungan kerja ke kantor DPRD Malang, beberapa waktu lalu.

Adapun tujuan kunker ke Malang itu, untuk mengetahui cara menyikapi wabah penyebaran covid-19. Pihaknya  menyarankan anggota DPRD dan masyarakakat, utamanya yang mempunyai riwayat bepergian ke luar kota baik Malang, Surabaya maupun daerah endemik lainnya, agar mengecek suhu tubuh.

“Kami mengimbau kepada masyarakat agar memeriksakan diri manakala mempunyai riwayat perjalanan ke luar kota terlebih ke daerah zona merah seperti Jakarta, Surabaya dan Malang,” terangnya. (sub/pin)

Komentar

News Feed