Mayoritas Guru 7 SMP Berstatus Satap Honorer

  • Whatsapp
(FOTO: KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) PENDIDIKAN: Disdikbud Pamekasan nyatakan Mayoritas SDM guru di SMP Satap berasal dari honorer

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN  -Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pamekasan menginventarisasi 34 Sekolah Menengah Pertama (SMP) terdapat 7 sekolah yang berstatus sekolah satu atap (satap), dan mayoritas tenaga pengajarnya guru honorer.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Sekolah Menengah Pertama (SMP) Disdikbud Pamekasan ACH. Rifa’i, dari segi fasilitas, sekolah yang berstatus satap cukup memadai, sebab ketika ada pengajuan rehab sekolah sudah berdasar data pokok pendidikan (dapodik), tidak ada pengecualian dari sisi fasilitas pendidikan.

Bacaan Lainnya

“Kalau dari sisi sarana dan prasarana sama saja, satap maupun regular ketika mengajukan,” paparnya, Rabu (16/6/2021).

Kendati demikian, ia mengungkapkan, guru yang berstatus pegawai negeri sipil, sangat sedikit. Rata-rata kebutuhan tenaga pendidiknya dipenuhi guru honorer.

“Cuma kalau dari tenaga guru sedikit, yang PNS-nya sangat kurang, jadi hanya ada satu dua,” ulasnya.

Ditambahkannya, dari sisi alokasi pemberian dana operasional sekolah (BOS), berbeda kebijakan dibandingkan yang regular. Jika regular jumlah siswanya yang kurang dari 60 orang akan mendapatkan peringatan, namun untuk yang SMP satap tidak berlaku.

“Kalau reguler kan kurang dari 60 pasti akan di-warning, karena minimal 32 rombelnya, tapi kalau yang satap tidak, karena memang inputnya dari SD setempat,” ungkapnya.

Dijelaskannya, sekolah satap di suatu daerah berdasarkan kebutuhan masyarakat terhadap lembaga pendidikan. Semisal, di daerah tersebut sangat jauh akses pendidikannya. Sementara itu, adanya SMP satap sejak sekitar tahun 2003.

Secara terperinci, ketujuh SMP Satap di Pamekasan yaitu: SMP Satap Bujur Barat, SMP Satap Gro’om, SMP Satap Banyupelle, SMP Satap Panaguan, SMP Satap Belumbungan, dan SMP Satap Bangkes. (rul/maf)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *