Mayoritas Jenazah PMI asal Madura Berangkat Nonprosedural

  • Whatsapp
(FOTO: KM/IST) PEMULANGAN: Jumlah jenazah PMI asal Sampang berada di peringkat tertinggi di antara empat kabupaten di Madura pada tahun 2021.

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN -Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Pamekasan mencatat pada Februari-Juni 2021, 57 jenazah Pekerja Migran Indonesia (PMI) dipulangkan ke Tanah Air. Mayoritas nonprosedural, sehingga tidak mendapatkan hak-hak asuransi sebagaimana PMI yang berangkat secara legal.

Menurut Staf BP2MI Pamekasan Azimin, berdasar tugasnya untuk mengawal PMI wilayah kerjanya meliputi 4 kabupaten di Madura, rincian jenazah yang dipulangkan tersebut meliputi; Sumenep 7 jenazah, Pamekasan 19 jenazah, Sampang 29 jenazah, dan Bangkalan 2 jenazah.

Bacaan Lainnya

“Kantong Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Sampang berangkat secara non prosedural,” paparnya, Selasa (15/6/2021).

Sedangkan untuk tahun 2020 lalu, total jenazah yang dipulangkan ada 143, dengan rincian Pamekasan 52 jenazah, Sampang 48 jenazah, Bangkalan 29 jenazah, dan Sumenep ada 14 jenazah.

“Untuk pemulangan selama ini, kami koordinasi dengan Ikatan Keluarga Madura (IKMA) yang di Malaysia, ada juga yang dari Pemkab, dan juga pengaduan dari masyarakat,” ulasnya.

Ditegaskannya, selama ini tidak ada satupun jenazah yang tertahan di negara tempat ia bekerja. Sebab pihaknya sudah mengkoordinasikan dengan baik untuk kepulangannya.

“Perihal meninggalnya PMI ini rata-rata stroke, kencing manis yang paling banyak; kecelakaan kerja ada juga,” ulasnya.

Dia mengimbau masyarakat menggunakan jalur resmi jika hendak bekerja ke luar negeri. Sebab bisa tertangani dengan baik apabila mempunyai masalah di negara tempatnya bekerja.

“Pasti sama pemerintah jika yang berangkat secara resmi diusahakan, seperti misalkan asuransinya, santunan ke ahli waris,” tukasnya. (rul/maf)

Pemulangan Jenazah PMI asal Madura

                     2020      2021

Pamekasan    52          19

Sampang       48          29

Bangkalan    29            2

Sumenep      14            7

TOTAL        143          57

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *