Mayoritas Sekolah di Bangkalan Tidak Dilengkapi Toilet Siswa

  • Whatsapp
(FOTO: KM/HELMI YAHYA) JUFRI KORA: Kabid SMP Disdik Bangkalan

KABARMADURA.ID, BANGKALAN -Mayoritas sekolah menengah pertama (SMP) di Bangkalan belum memiliki fasilitas toilet dan kamar mandi yang cukup. Kendati begitu, pada tahun 2021 san 2022 nanti,  tetap belum ada kesempatan untuk sekolah mengajukan pembangunan fasilitas kamar mandi tersebut.

Kepala Bidang (Kabid) Penbinaan SMP Dinas Pendidikan (Disdik) Bangkalan Jufri Kora menyampaikan, kondisi fasilitas gedung di setiap sekolah masih belum memiliki fasilitas lengkap. Sehingga masih perlu banyak tambahan.

“Fasilitas kita belum mampu, setau saya, banyak fasilitas sekolah yang belum ada memang,” kata Jufri.

Menurutnya, salah satu yang penting adalah kamar mandi, sebab, sangat dibutuhkan siswa.

Dari 393 SMP, kemungkinan yang sudah memiliki sarana seperti kamar mandi, musala atau perpustakaan hanya sekitar 120 sekolah, sedangkan 60 lainnya hanya memiliki toilet yang dibangun karena bantuan masyarakat. Sedangkan sisanya 213 biasanya menumpang tetangga sekolah.

“Kalau dulu memang masih bisa dicarikan dari sisa dana pembangunan, tapi sekarang tidak bisa,” jelasnya bahwa mulai tahun 2020 hingga 2022 nanti, pembangunan dipusatkan pada beberapa perencanaan.

Selain itu, mulai tahun 2020 hingga 2022, tidak boleh digunakan untuk pembangunan lainnya. Sehingga sekolah yang belum memiliki fasilitas toilet, harus menunggu sampai nanti ada petunjuk teknis lagi.

“Tunggu saja petunjuk lanjutan, tapi sementara siapkan semuanya di data pokok pendidikan (dapodik),” ulasnya.

Sedangkan salah satu staf kebersihan sekolah, Moh Sahlan memaparkan, sekolahnya di SMPN 3 Burneh memang masih terbatas kamar mandinya. Sebab, satu sekolah hanya ada sekitar dua kamar mandi. Bahkan kadang juga sering macet airnya.

Sahlan mengharapkan agar ada bantuan dari pemerintah mengenai pembangunan kamar mandi yang lebih ideal, sehingga bisa nyaman digunakan oleh siswa.

“Kalau bisa ditambah, tapi kalau tidak bisa, dibuat cukup layak saja sudah lumayan,” pungkasnya. (hel/waw)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *