oleh

Memasuki Era New Normal, Disparbudpora Bakal Buka Destinasi Wisata untuk Umum

Kabarmadura.id/Sumenep-Dalam menyikapi masa New Normal dan memerangi Wabah Covid-19 serta memulihkan kembali kualitas perekonomian masyarakat, Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disparbudpora) segera rekomendasikan pembukaan destinasi wisata di Sumenep. Namun demikian, untuk mencegah penyebaran Covid-19, harus ada kesepakatan antara pengelola dengan tim Gugus Satgas Sumenep.

Kepala Disparbudpora Sumanep Bambang Irianto menyampaikan, semua destinasi wisata milik pemerintah sudah siap beroperasi kembali. Menurutnya, pengelola wisata sudah menyatakan siap untuk menerapkan protokol kesehatan. Objek wisata milik pemkab yang siap menerapkan protokol kesehatan adalah Pantai Slopeng, Pantai Lombang, dan  Museum (Kraton), yang saat ini tinggal menunggu rekomendasi dari tim Satgas Covid-19 Sumenep.

“Kalau milik kami semuanya sudah dipersiapkan, mulai tempat cuci tangan dan petugas yang mengarahkan sesuai dengan protokol kesehatan. Anjuran itu akan kami terus pantau terutama bagi pengunjung,” katanya, Kamis (2/7/2020).

Mantan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sumenep itu juga menyampaikan, terkait destinasi atau objek wisata yang dikelola oleh swasta juga disarankan langsung ke tim Satgas Covid-19 untuk mendapatkan rekomendasi.

Pembukaan destinasi wisata tersebut merupakan upaya memulihkan kembali pendapatan perekonomian masyarakat yang selama ini sangat terdampak wabah Covid-19, terutama sektor pariwisata. Sementara yang milik pemkab guna mendapatkan pendapatan asli daerah (PAD).

“Semua tergantung kesiapan pengelola, dan ajukan langsung ke tim satgas, saya juga tidak punya kuasa untuk ikut andil di dalamnya,” pungkasnya. (ara/pai)

Komentar

News Feed