oleh

Memasuki Musim Tanam, Bantuan Benih Belum Datang

Kabarmadura.id/Sumenep -Kepala bidang (Kabid) Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (DPTPHP) Kabupaten Sumenep Sufriadi mengutarakan, menjelang musim tanam jagung, pemerintah belum sepenuhnya medistribusikan bantuan benih. Saat ini yang sudah tersalurkan masih sedikit, lantaran bantuan dari pusat masih belum tersalurkan. Saat ini yang sudah tersalurkan yakni, jenis BETRAS sebanyak 1.095 dengan BIMA 20 sebayak 1.200.

“Bantuan jagung masih belum tersalurkan secara keseluruhan,” katanya, Selasa (5/11).

Dia menjelaskan, penyaluran benih jagung dilakukan untuk program pengembangan kawasan sentra jagung dalam rangka meningkatkan produktivitas jagung. Juga untuk mendukung program alternative dalam bidang pertanian.

Dia menambahakan, program pengembangan tanaman jagung tersebar ke seluruh kecamatan melaui kelompok tani. Berdasarkan usulan Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) masing-masing kelompok, setiap hektare dibantu 5 kilogram benih.

“Benih yang sudah disalurkan sebanyak 3.000 lebih, sebagian sudah diambil oleh petani,” ujarnya.

Dia berharap, setiap kelompok penerima bantuan benih jagung untuk segera mendistribusikan kepada anggotanya. Ia juga menegaskan, benih jagung bantuan tidak dibenarkan untuk dijual. Untuk itu, pengawasannya harus ketat. Perlu penanganan khusus agar tidak terjadi penyimpangan yang berujung ke proses hukum.

“Semoga para kelompok tani dapat menjaga amanah dari pemerintah,” tuturnya.

Sementara itu, salah seorang petani, Misnawan, 55, asal Bluto mengutarakan, saat ini masih proses penanaman jagung. Jika nantinya ada hujan terus-menerus, maka dipastikan nantinya akan menanam jagung.

“Saat ini sudah akan memasuki musim tanam jagung,” ujarnya.

Dia berharap, semoga di musim tanam jagung ini dapat menumbuhkan semangat untuk menanam jagung yang lebih baik dari tahun sebelumnya, yakni hasil melimpah, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan petani. (imd/pai)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

News Feed