oleh

Membludak, Ruang Pelayanan MPP di Bangkalan Plaza Tak Maksimal

Kabarmadua.id/Bangkalan– Pemohon identitas di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil)  yang berada di Mall Pelayanan Publik (MPP) BangkalanPlaza (Banplaz) membludak. Melihat kondisi itu Dinas Penanaman Modal dan Perizinana Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Bangkalan akan membuka ruang tambahan bagi Dispendukcapil.

Kepala DPMPTSP Bangkalan Ainul Ghufron mengatakan, meski di MPP masih ada beberapa pelayanan yang terkendala dengan alat dan sumber daya manusia (SDM). Dia mengungkapkan, akan memprioritaskan ruang baru bagi pelayanan Dispendukcapil.

“Menyangkut pelayanan dasar seperti Dispendukcapil ini kami memprediksi kekurangan ruangan kalau satu ruangan. Sebab, masyarakat yang datang banyak sekali,” ujarnya.

Untuk itu, dia akan menyiapkan ruangan tambahan bagi pelayanan Dispendukcapil. Selain itu, pihaknya mengaku, akan menambah pelayanan lagi yakni Dinas Sosial (Dinsos) dan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker). Ruangan tambahan tersebut sebagai upaya untuk menidaklanjuti soal peningkatan pelayanan.

Ainul juga menuturkan, apakah bisa disatukan dengan Disnaker atau berdiri sendiri unit pelayanannya? Dia mengaku, akan melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yakni Disnaker dan Imigrasi.

“Kalau SDM dan alat yang masih kekurangan di Imigrasi, kami masih koordinasikan dengan Bapak Bupati dan OPD terkait,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Seksi Identitas Dispendukcapil Bangkalan Agus Suharyono mengatakan, semenjak MPP dibuka dan pelayanan dibagi menjadi dua, yakni di Kantor Dispendukcapil sendiri dan MPP. Agus menerangkan, pemohon identitas menurun. Minimnya warga mengurus administrasi kependudukan, namun warga kini lebih memilih mengurus berkas kependudukan di MPP.

“Antrian lebih sedikit jika dibandingkan sebelumnya, tidak banyak. Banyak warga yang lebih mengantri di MPP dari di Kantor Dispendukcapil sendiri,” terangnya.

Sedangkan, pelayanannya sendiri dia mengungkapkan, sama dengan di Kantor Dispendukcapi. Bahkan tidak jauh berbeda, hanya saja, kata dia, server induk tetap di kantor Dispendukcapil. “Pusat servernya tetap disini,” tandasnya. (ina)

Komentar

News Feed