Mendesak, Jadwal Pilkades di Bangkalan Dimajukan

  • Whatsapp
(FOTO: KM/ HELMI YAHYA) MENJELASKAN: Bupati Bangkalan, R KH Abdul Latif Amin Imron saat memberikan komentar di Bangkalan.

KABARMADURA.ID, BANGKALAN – Jadwal pemilihan kepala desa (Pilkades) di Bangkalan dimajukan. Jika sebelumnya direncanakan pada bulan Juni mendatang. Namun info terbaru pelaksanaanya akan digelar pada Mei mendatang.

Kondisi itu membuat pemerintah setempat dituntut untuk segera membentuk tim fasilitasi pemilihan kepala desa (TFPKD) serta pembentukan panitia pemilihan kepala desa (P2KD).

Bacaan Lainnya

Bupati Bangkalam R Abdul Latif Amin Imron mengutarakan, pilkades akan dibagi menjadi tiga tahapan, masing masing tahapan dilakukan di setiap tahun yang berbeda. Tetapi tahapan petama kemungkinan akan dilakukan di tahun 2021.

”Setiap tahun nanti beda, Mei ini akan menjadi tahap pertama,” ulasnya.

Dikatakannya, dalam pelaksanaannya pilkades tetap harus melibatkan aparat keamanan seperti unsur TNI/Polri. Serta tetap menerapkan protokol kesehatan. Hal tersebut juga diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 72 tahun 2020 tentang Perubahan Kedua atas Permendagri 112 tahun 2014 tentang Pilkades.

”Kami ingin pilkades tetap kondusif dan tetap menerapkan protokol kesehatan, jadi kami akan mendukung,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) bangkalan Ahmad Ahadian Hamid menuturkan, jika ketentuan pelaksanaan sudah ditentukan. Sehingga kemungkinan besar P2KD di setiap desa harus segera disiapkan.

”Panitianya harus terbentuk dulu, sebab, dana yang akan diberikan nanti juga sesuai dengan jumlah DPT setiap desa” ulasnya.

Menurut lelaki yang akrab disapa Dhiet tersebut, kebutuhan yang biasanya diperlukan agar segera diperkirakan. Seperti pembuatan surat suara dan kotak suara dan kebutuhan teknis lainnya. Sebab ada sekitar 120 desa yang nantinya akan mendapatkan pembagian dana dari total Rp10 miliar tersebut.

”Dananya sudah ada, tinggal nanti pembagiannya yang harus menunggu pengajuan dari P2KD yang segera dibentuk,” pungkasnya. (km 59/mam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *