Mendesak, Pansus KI Belum Terbentuk

  • Whatsapp
PIMPINAN: Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangkalan Hosyan Mohammad

Kabarmadura.id/BANGKALAN-Meski Alat Kelengkapan Dewan (AKD) di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangkalan, sudah dibentuk, namun hingga kini kinerja para wakil rakyat masih terkesan lamban. Indikasinya, hingga saat ini panitia khusus (pansus) Komisioner Informasi (KI) yang beranggotakan dari DPRD masih belum dibentuk.

Padahal sebelumnya, Ketua DPRD Bangkalan Moh. Fahad mengatakan, pembentukan pansus KI menjadi atensi bagi legislatif yang akan dikerjakan pertama kali. Namun, hingga saat ini hal tersebut belum terbukti, sebab pembentukan KI belum juga terlaksana.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Bangkalan Hosyan Muhammad mengatakan, pembentukan pansus KI sudah diagendakan. Dirinya mengungkapkan, pansus KI baru akan dilaksanakan pada Jumat (4/10) mendatang.

“Hari ini kita masih pembentukan pansus tata tertib (tatib), baru hari Jum’at nanti pansus KI,” katanya, Rabu (2/10).

Menurut Hosyan (sapaan akrabnya), belum terbentuknya pansus KI, lantaran selama ini para wakil rakyat masih menunggu kelengkapan pimpinan dewan terlebih dahulu. Selain itu, jadwal dari Badan Musyawarah (Bamus) mengenai agenda kedewanan baru selesai digarap, sehingga pihaknya masih harus menyesuaikan waktu untuk melaksanakan agenda tersebut.

” Pansus KI tetap terbentuk, saya putuskan tapi nanti hari Jum’at kita baru paripurna lagi,” terangnya.

Di tempat terpisah, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Bangkalan Agus Zein menerangkan, untuk masa jabatan anggota KI akan berakhir pada Oktober.

Dengan demikian menurutnya, akhir Oktober harus ada anggota KI yang baru, bahkan pihaknya berharap, pasca berakhirnya masa jabatan anggota KI periode sebelumnya, anggota KI yang segera dilantik, agar tidak terjadi kekosongan jabatan.

“Oktober harus ada anggota baru yang dilantik. Sehingga nanti pada bulan November mereka siap kerja,” paparnya.

Saat ini, dirinya mengaku masih menunggu keputusan dari dewan sebagai pansus KI. Pansus KI ini merupakan panitia yang berwenang melakukan fit and proper test, sehingga keputusan anggota KI yang terpilih ada di tangan pansus KI dengan hasil tes kelayakan tersebut.

“Kita masih menunggu (pansus KI, red),” pungkasnya. (ina/pin)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *