Menelisik Kiprah Komunitas Blogger Plat-M, Kenalkan Keragaman Budaya Madura Lewat Tulisan

  • Whatsapp
(FOTO: PLAT-M FOR KM) KREATIF: Komunitas blogger Plat-M konsisten mempromosikan keanekaragaman budaya Madura melalui blog.

KABARMADURA.ID | Komunitas Plat-M, begitulah orang-orang mengenalnya. Komunitas yang bergerak di bidang publikasi dan tulis menulis ini merupakan wadah berkumpulnya para blogger se-Madura. Komunitas ini berdiri untuk memperkenalkan budaya Madura ke dunia luar. Termasuk juga kuliner, wisata, dan tempat-tempat bersejarah yang ada di Madura.

FAIN NADOFATUL M, BANGKALAN

            Visi misi komunitas Plat-M yaitu menduniakan dan mengedukasi masyarakat Madura. Awalnya, komunitas ini hanya ada di Bangkalan. Namun, seiring berjalannya waktu, anggotanya mulai menyebar di Sampang, Pamekasan, dan Sumenep.

Ketua Plat-M Choirul Anam Nasruddin menceritakan, komunitas blogger Madura tersebut dideklarasikan pada hari Rabu, 23 Desember 2009 pukul 16.45 WIB. Saat itu, peresmian Plat-M bersamaan dengan acara di Universitas Trunojoyo Madura (UTM) yaitu Speedy Roadshow (Madura Go to Faster) yang diadakan Telkom Indonesia bekerja sama dengan komunitas blogger Surabaya yaitu Tugupahlawan.com (TPC).

“Waktu itu pendeklarasian Plat-M dilakukan Pembantu Rektor II UTM Pak Slamet, sekaligus menutup acara di hari terakhir. Deklarator menunjuk Nurwahyu Alamsyah sebagai Ketua atau Klebun Plat-M yang pertama periode 2009-2014,” ujar pria yang menjabat sebagai Ketua Plat-M sejak tahun 2014 itu.

Masih menurut Choirul Anam, komunitas tersebut dibentuk untuk menampung minat masyarakat Madura di bidang blogging, media sosial, internet dan teknologi pada umumnya. Ide awal terbentuknya komunitas blogger Plat-M bermula saat diskusi usai acara hari pertama.

“Saat itu, TPC berhasil mengompori sembilan deklarator untuk membentuk suatu komunitas blogger di Madura. Sehingga terbentuklah Plat-M seperti sekarang,” ujarnya

Ia juga menambahkan, komunitas yang beranggotakan 59 orang tersebut, tidak membatasi kontributor komunitas Plat-M. Setiap orang bisa menjadi kontributor Plat-M. “Kontributor tidak hanya dari Madura, kamu terbuka untuk siapa saja,” terangnya.

Sementara itu, Founder Plat-M Nurwahyu Alamsyah mengutarakan, selain ingin mengenalkan Madura melalui tulisan. Dia juga sering melakukan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kemampuan di bidang tulis menulis, seperti pelatihan membuat konten blog.

“Biasanya peserta dari anggota sendiri. Tapi kami lebih khususkan ke masyarakat umum. Baik pelajar sampai guru,” pungkasnya.

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *