Menelisik Kisah Nabila Naily, Pemenang Srikandi Indonesia 2021 asal Bangkalan

(FOTO: NABILA NAILY SA'ADAH FOR KM) INSPIRATIF: Nabila mahasiswi UTM asal Kamal, berhasil mengharumkan nama Bangkalan dengan torehan prestasinya sebagai Srikandi Indonesia 2021.

KABARMADURA.ID | Torehan prestasi perempuan satu ini terbilang luar biasa. Ia berhasil menjadi Srikandi Indonesia 2021 setelah berhasil menyingkirkan 26 finalis lainnya dari berbagai daerah. Dia bernama lengkap Nabila Naily Sa’adah.

FAIN NADOFATUL, BANGKALAN

            `Berawal dari mengikuti ajang fashion di sekolahnya, perempuan yang akrab disapa Nabil itu mendapatkan dukungan dari guru-gurunya untuk mengasah bakatnya. Berkat dukungan tersebut, ia memberanikan diri untuk mengikuti lomba pertamanya yaitu pada ajang modelling hijab fashion tahun 2019.

Alhamdulillah, dapat juara dan dapat beasiswa buat sekolah modelling. Akhirnya saya ambil,” ungkapnya.

Setelah itu, dia menuturkan, setiap event fashion show atau modelling, ia selalu mengikutinya. Namun, sejak wabah Covid-19 melanda Indonesia pada 2020 awal, ia sempat vakum dari berbagai macam kompetisi.

Setelah vakum, dia mulai mengikuti Srikandi Jawa Timur dan Miss Hijab. Karena persyaratan ikut Srikandi Jawa Timur mengharuskan peserta tidak mengikuti agenda lainnya, maka ia memutuskan untuk tidak mengikuti Miss Hijab. Dalam perlombaan Srikandi Jawa Timur, ia berhasil menduduki posisi Runner Up.

Setelah terpilih sebagai juara kedua Srikandi Jawa Timur, ia kemudian mewakili Jatim pada ajang Srikandi Indonesia 2021. Sebelum mengikuti ajang tersebut, ia menjalani pembekalan seputar make up, public speaking, foto, dan catwalk.

“Yang sulit waktu itu hanya cari sponsor, karena harus bisa dapat attention atau dukungan dari pihak sponsor,” ujarnya.

Ia mengaku sempat ditolak tiga kali pihak sponsor. Bahkan, saat itu kondisinya sedang sakit. Namun dia tetap mencoba berupaya maksimal untuk memberikan yang terbaik. “Saya juga sempat diajakin taruhan sama dosen, katanya kalau saya menang, saya akan langsung dapat nilai A. Kalau gagal, saya harus mengulang kuliah satu semester,” terang Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura (UTM) itu.

Sebelum mengikuti lomba Srikandi Indonesia 2021, dia sempat dikarantina tiga hari. Ia melihat penampilan peserta lainnya menarik dan bagus, namun hal itu tidak menyurutkan semangatnya untuk mengeluarkan performa terbaiknya selama perlombaan.

“Saya selalu berdoa, karena peserta lain juga bagus. Dan saya menanamkan ke pikiran, harus bisa memberikan penampilan terbaik,” tutur perempuan yang baru berusia 18 tahun itu.

Perempuan yang mengambil jurusan Ilmu Komunikasi UTM tersebut mengungkapkan, untuk sampai di posisinya saat ini tidak mudah. Banyak rintangan yang harus dilewatinya saat mengikuti proses perlombaan.

“Tapi ternyata Alhamdulillah masuk 10 besar, lalu 6 besar, dan ternyata masuk 3 besar. Setelah masuk 3 besar, saya lebih fokus bisa menang, meski saat grand final sangat merepotkan. Support keluarga, teman, dan kampus menguatkan saya agar optimis menang,” pungkasnya.

Torehan penghargaan :

  • Runner Up 1 Srikandi Indonesia 2021
  • Runner Up 1 Srikandi Jawa Timur 2021
  • Top 10 Surabaya Icon Model 2021
  • Runner Up 1 Bintang Academy Indonesia 2020
  • Peragawati Terbaik Top Model Indonesia Jawa Timur 2020
  • Winner Muslim festival se-Jawa Timur 2020
  • Runner Up 1 Hijab Vaganza Indonesia 2019
  • Best Social Media Muslimah Syar’i 2019

 

Tinggalkan Balasan