Menelisik Pameran Bonsai PPBI Bangkalan: Wadah Silaturahmi, Kompetisi, dan Ekonomi

(FOTO: KM/HELMI YAHYA) AJANG SILATURAHMI: Persatuan Pecinta Bonsai Indonesia (PPBI) Kabupaten Bangkalan mengadakan pameran lokal tanaman bonsai di alun-alun Bangkalan selama lima hari.

KABARMADURA.ID | Persatuan Pecinta Bonsai Indonesia (PPBI) Kabupaten Bangkalan menyelenggarakan pameran tanaman bonsai di alun-alun Bangkalan. Kegiatan yang berjalan selama lima hari tersebut merupakan yang kedua kalinya di Bangkalan.

HELMY YAHYA, BANGKALAN

            Pameran yang berjalan cukup meriah tersebut diikuti oleh pecinta bonsai dari beberapa kabupaten/kota. Seperti dari Sampang, Sumenep, Surabaya, Malang, dan Batu.

`           Ketua Pelaksana pameran M.  Amin Mansur mengatakan, tujuan pelaksanaan pameran tersebut untuk menyambung tali silaturahmi antara pecinta bonsai. Sebab menurutnya, selama masa pandemi, belum pernah mengadakan agenda. “Untuk menumbuh kembangkan silaturahmi, karena selama masa pandemi, teman-teman jarang ketemu,” tuturnya.

Pameran bonsai tersebut dibagi dalam tiga kelas. Yaitu, kelas prospek, setengah jadi, dan bonsai jadi. Dari masing-masing kategori tersebut, dipilih tiga yang terbaik.

“Berdasarkan kelas, ada tiga kelas dan pesertanya 430, kami juga pilih yang terbaik masing-masing 3,” jelasnya.

Selain itu, ia mengatakan setelah mengikuti pameran dan perlombaan, setiap pemilik bonsai bisa menjual bonsainya. Bahkan, ia menyebutkan, ada bonsai jadi yang seharga Rp150 juta.

Pria yang kerap disapa Amin tersebut berharap pihaknya tidak hanya bisa mengadakan pameran lokal (pamlok), tetapi sampai pameran nasional (pamnas). “Mudah mudahan ini menjadi sebuah semangat dan bisa mengadakan pamnas,” tuturnya.

 

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

Tinggalkan Balasan