Menelisik Perjuangan Asih Lailatus Safiqah, Peraih Juara 3 Olimpiade Biologi 2021

  • Whatsapp
(FOTO: KM/Asih Lailatus Safiqah for Kabar Madura) ASIH LAILATUS SAFIQAH: Peraih Juara 3 Lomba Biologi tingkat Nasional.

KABARMADURA.ID – Perempuan yang satu ini telah meraih prestasi bergengsi di usianya yang masih belia.  Dialah Asih Lailatus Safiqah, siswi kelas XI IPA 1 SMA Muhammadiyah 1 Sumenep. Ia berhasil menggondol juara 3 pada Lomba Biologi Nasional 2021 yang diselenggarakan oleh Foton Institute.

IMAM MAHDI, SUMENEP

            Pelaksanaan lomba tersebut secara virtual untuk seluruh sekolah pada semua jenjang pendidikan se-Indonesia. Pada lomba yang diikuti ribuan peserta itu, perempuan yang kerap disapa Asih tersebut berhasil meraih juara 3.

Ia mengaku bahwa pencapaiannya tersebut berkat karena konsistensinya dalam belajar biologi sejak kecil. Pelajar kelahiran Sumenep itu juga rutin meluangkan waktu 1 jam untuk belajar. Ia mengaku, keikutsertaannya pada lomba karena ingin membuat orangtua dan para gurunya bangga terhadap dirinya.

Saya berharap, dengan semangat dan dorongan dari guru-guru, teman-teman bisa meraih prestasi yang membanggakan,” katanya, Kamis (16/9/2021).

Selain itu, dia  juga pernah mengikuti lomba pencak silat Tapak Suci. Bahkan, pernah mengikuti seleksi Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2021 zona 7 Madura. Namun, waktu itu, ia hanya lolos tahap pertama.

Ia juga menambahkan, predikat juara yang diraihnya bukan segalanya. Sebab, yang paling utama menurutnya yaitu menjadi bermanfaat ketika keluar dari sekolah. “

“Kemanfaatan kepada orang lain lebih berharga daripada hanya mementingkan diri sendiri,” ucapnya.

Baginya, untuk mengetahui nilai sebuah perjuangan, harus berani keluar dari zona nyaman. Sehingga, ia selalu berkonsultasi dengan temannya yang lebih pintar darinya.

“Teman saya meyakinkan saya untuk mengikuti lomba tersebut. Dan akhirnya tekad saya bulat untuk mengikuti lomba tersebut,” ujar Asih.

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *