Menelisik Perjuangan dan Keistikamahan Nurul Amik, Totalitas Lestarikan Budaya dan Peninggalan Leluhur

  • Whatsapp
(FOTO: KM/IST) KONSISTEN: Nurul Amik istikamah memelihara situs cagar budaya di Sampang sebagai sebagai cara untuk melestarikan warisan leluhur

KABARMADURA.ID – Warisan leluhur selalu menarik untuk dijadikan bahan kajian. Seperti halnya yang dilakukan Nuruk Amik (43) merupakan koordinator situs cagar budaya di Kabupaten Sampang dan Pamekasan, yang aktivitas kesehariannya mempelajari sejarah dan budaya para leluhur. Baginya, kondisi saat ini tidak terlepas dari perjuangan tokoh di masa lalu.

JAMALUDDIN, Sampang

Juru Pelihara Makam Ratu Ibu Sampang itu juga menyampaikan, bahwa saat ini generasi muda sudah tidak begitu peduli untuk mempelajari tentang sejarah. Menurutnya, jika hal tersebut dibiarkan, akan berakibat pada terkikisnya warisan pejuang di masa lampau,

“Sejarah para pejuang itu harus kita pelajari, khususnya di Sampang. Karena semua itu tidak boleh kita lupakan. Jadi, siapa pun yang mempelajarinya adalah orang yang mulia, karena peduli pada perjuangan orang dulu,” tuturnya, Kamis (8/7/21).

Selain itu, Nurul Amik juga bercerita bahwa ia menjadi pemelihara merawat makam atau situs cagar budaya di Sampang sejak tahun 1991. Pada saat itu ia masih kelas 3 sekolah menengah pertama (SMP). Sebelumnya, ia hanya ikut keluarganya ketika membersihkan makam para leluhur yang ada di sebelah selatan Masjid Madegan Kelurahan Polagan Sampang.

“Saya merawat makam para leluhur di sebelah Masjid Madegan ini dari tahun 1991. Kalau saat ini terhitung sekitar 31 tahun,” imbuhnya.

Kendati demikian, warga asal Jalan Panji Laras Kelurahan Polagen itu menyampaikan, saat ini pelestarian budaya khususnya di Kota Bahari sangat minim. Ia juga berencana akan memberikan edukasi bagi pengunjung dari Sampang, maupun yang dari luar.

“Sebelum ada Covid-19, kunjungan cukup banyak. Setiap pengunjung pasti saya cerita soal sejarah para pejuang ini. Ini salah satu cara saya melestarikan budaya,” pungkasnya. (mal/maf)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *