oleh

Menelisik Rekam Jejak Iptu Arif DJ Sebelum Jadi Kasat Polair Bangkalan

BANGKALAN-Iptu Arif Djunaedi atau yang kerap disapa Iptu Arif DJ mengemban jabatan baru sebagai Kepala Satuan Polisi Air (Satpolair) Bangkalan. Ia bertanggung jawab menjaga kondusifitas perairan di Bangkalan.

Saat dihubungi pihak Kabar Madura, ia mengatakan, memang sebelumnya perairan di Bangkalan sering terjadi konflik  antara nelayan Bangkalan dan dari luar Bangkalan. Oleh sebab itu, ia menjalin komunikasi dengan para nelayan untuk menjaga situasi agar kondusif.

“Memberi pengertian, kami juga akan bekerja sama dengan nelayan luar. Kami berikan imbauan secara persuasif agar tidak ada kecemburuan sosial,” tuturnya, Senin (4/5/2021).

Ia menuturkan, patroli di perairan Bangkalan akan digalakkan untuk meminimalisir konflik antarnelayan. Sebelum menjadi Kasat Polair, banyak kesan dan pengalaman yang didapatkannya. Mulai dari perbedaan bahasa dan budaya.

Pria asal Malang tersebut pertama kali bertugas di Pulau Garam. Ia mengaku mengalami sedikit mengalami kesulitan dalam komunikasi. Namun, seiring berjalannya waktu, sedikit demi sedikit, ia mulai fasih berbahasa Madura.

Terhitung sudah 22 tahun ia mengabdikan diri sebagai polisi. Di mana, ia pertama kali ditugaskan di Pamekasan. Usai dua bulan bertugas di Pamekasan, ia dipindah ke Bangkalan menjadi Sabara Bhayangkara hingga menjadi Kasat Polair.

“Rejekinya memang di sini (Madura, red), jadi saya jalani dan syukuri saja,” ujar pria kelahiran 1965 itu.

Lebih lanjut, selama bertugas di Bangkalan, ia beberapa kali dimutasi di beberapa kecamatan. Mulai Kecamatan Kwanyar, Modung, Socah, Sukolilo hingga kemudian sempat menjadi Kepala Humas Polres Bangkalan. Bulan April lalu, ia dilantik menjadi Kasat Polair Bangkalan. Katanya, belajar dan belajar terus menjadi kunci suksesnya sebagai Kasat Polair.

“Memang waktu itu kesulitan berkomunikasi ketika ditempatkan di beberapa wilayah Bangkalan. Tapi saya terus belajar agar mengerti bahasa madura dan bisa berkomunikasi dengan warga lokal. Meski hanya bisa sedikit-sedikit,” tutupnya. (ina/maf)

Komentar

News Feed